Jakarta (ANTARA) - Sebagai bukti komitmen dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia, Dexa Medica kembali meraih Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirut LPPOM MUI Muti Arintawati kepada Presiden Direktur PT Dexa Medica Hery Sutanto.

"Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Dexa Medica dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia. Dexa Medica mendukung pertumbuhan ekosistem halal di Indonesia yang sangat besar peluangnya," kata Hery dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat.

Hery mengatakan bahwa Dexa Medica secara konsisten memproduksi produk-produk farmasi halal yang dikembangkan berbasis riset sehingga konsumen mendapatkan produk yang aman dan nyaman.

Baca juga: Dexa Medica bersama BKKBN beri edukasi bidan untuk cegah stunting

Penghargaan untuk kategori Best Halal System Implementation diberikan oleh Dirut LPPOM MUI kepada Direktur Utama PT Anugrah Argon Medica Juliwaty.

"Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. AAM merupakan distributor farmasi pertama di Indonesia yang menerapkan Sistem Jaminan Halal dalam sistem penyimpanan dan penyaluran produk farmasi," ujar Juliwaty.

Dexa Medica memiliki ribuan produk yang telah tersertifikasi halal. Produk Dexa yang sudah tersertifikasi halal mencapai 97 persen atau lebih dari 1.300 produk,  yang tersebar di lebih dari 13.000 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Selain itu dalam ajang ini Obat Modern Asli Indonesia (OMAI), produk Dexa Medica STIMUNO juga menjadi nominasi dalam Favorite Halal Brand untuk kategori Medicines, Supplements, and Nutritional Foods.

STIMUNO dikembangkan dari kekayaan alam Indonesia yakni tanaman meniran hijau (Phyllanthus niruri) telah teruji klinis sehingga selain tersertifikasi halal juga tersertifikasi Fitofarmaka.

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin dalam sambutan pembukaan secara daring pada acara LPPOM MUI Halal Award 2023 menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh perusahaan dan pelaku usaha yang masuk dalam daftar nominasi, dan berhasil meraih penghargaan pada ajang LPPOM MUI Halal Award 2023.

"Kiranya industri halal Indonesia juga terus maju pesat dan berkontribusi nyata pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa," kata Ma'ruf.

Dirut LPPOM MUI menyatakan, penghargaan ini mendorong terciptanya ekosistem halal di Indonesia.

“Besar harapan kami, bagi para pemenang dapat terus semangat menyediakan produk halal yang berkualitas. Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal pertama di Indonesia, LPPOM MUI akan terus berusaha untuk mendampingi dan memberikan solusi kepada seluruh pelaku usaha mitra LPPOM MUI,” ujar Muti.

Baca juga: Dexa Medica bagi-bagi vitamin di sejumlah titik mudik

Baca juga: Wapres: Indonesia bertekad menjadi produsen halal dunia di 2024

Baca juga: UMKM di Jakarta Barat bisa urus sertifikasi halal di kecamatan

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023