Jakarta (ANTARA) - Jemaah haji perlu mendapatkan imunomodulator untuk menjaga daya tahan tubuh selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

"Daya tahan tubuh bagi jemaah haji sangat penting. Kita tahu kalau kita naik haji ke Tanah Suci, medannya berat, oleh karena itu kita butuh sistem imun yang kuat agar tidak terkena penyakit," ujar Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, pernyataannya, Minggu.

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Baca juga: Pakar imunologi: Booster kedua penting untuk tingkatkan imun tubuh

Meski demikian, Iris mengimbau jemaah haji berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan produk-produk kesehatan tertentu.

"Cara pencegahan penyakit banyak sekali, seperti misalnya tidur cukup, makan makanan bergizi, vitamin yang cukup dan juga kita bisa menambahkan imunomodulator," ujar Iris.

Imunomodulator dikatakan Iris merupakan satu asupan yang akan memperkuat imun tubuh.

"Kalau imunomodulator salah satunya pilihan kita yang dibuat dari tanaman Phyllanthus niruri atau meniran hijau yang bisa meningkatkan sistem imun," tutur Iris.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, PT Dexa Medica memberikan Stimuno kepada jemaah haji embarkasi Pulau Jawa.

Baca juga: Suplemen berbahan kunyit untuk perkuat kesehatan imun

Stimuno sebagai produk imunomodulator berperan menjaga imun tubuh dan telah diuji secara klinik untuk beragam penyakit bagi konsumen dewasa dan anak-anak.

Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang dikembangkan dari meniran hijau (Phyllanthus niruri) ini juga pernah diuji untuk menjaga daya tahan tubuh jemaah Haji.

"Saat ini kami dari Dexa Medica melalui salah satu produk unggulan stimuno, melakukan donasi Stimuno kepada jemaah haji di empat embarkasi di Pulau Jawa. Semua produk Dexa Medica sudah tersertifikasi halal, termasuk Stimuno," kata Marketing & Sales Director CHD PT Dexa Medica, Maret Yudianto.

Maret mengatakan pemberian Stimuno kepada jemaah haji merupakan kepedulian Dexa Medica yang mempunyai core values yakni "Deal with Care" atau kepedulian terhadap sesama untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Dokter: Tingkatkan imun dengan vaksin booster antisipasi Omicron XBB

Produk ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh jemaah haji, sehingga mereka lebih tahan terhadap penyakit dan infeksi selama menunaikan ibadah haji.

Head of Marketing CHD PT Dexa Medica Irene Dwi Sari kemudian menambahkan, Stimuno sudah tersertifikasi Fitofarmaka sehingga teruji klinis.

Iris lebih lanjut memaparkan hasil uji klinis Phyllanthus niruri (meniran hijau) sebagai imunomodulator yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan buka dikombinasikan dengan multivitamin maka akan lebih efektif menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Resep kaldu ikan kaya rempah, bantu jaga imun tubuh

Baca juga: RSCM: Imun dan usia pengaruhi potensi terkena kanker getah bening

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023