Jakarta (ANTARA) - Koki berkebangsaan Indonesia Aziz Amri terbang ke Moskow, Rusia, untuk mengajarkan para koki di 15 restoran Niyama cara memasak berbagai menu nusantara.

Dalam kelas memasak yang berlangsung selama sebulan itu, pria yang akrab disapa Chef Aziz membagikan ilmunya membuat menu Nusantara berupa soto lamongan, sate madura, ikan bakar jimbaran, tongseng, dan kue nagasari.

“Sebuah kehormatan untuk saya dapat dipercaya untuk mengenalkan hingga mengajarkan menu makanan Indonesia kepada para koki lokal, antusiasme mereka luar biasa sekali untuk mempelajari masakan Indonesia yang terbilang cukup rumit karena membutuhkan banyak bumbu dan rempah,” kata Chef Aziz dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selain itu, pada Indonesia Food Festival di Taman Etnografi “Ethnomir” Rusia, yang diselenggarakan Asosiasi Persahabatan Indonesia-Rusia, Chef Aziz juga memperkenalkan menu kebanggaan Indonesia lainnya seperti rendang, teri kacang, tempe, nasi jeruk, dan bubur sumsum.

Seluruh hasil masakannya dalam festival makanan Indonesia di Rusia itu pun ludes dinikmati para pengunjung dan tamu undangan, terutama rendang, yang sempat dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia pada World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

Indonesia Food Festival 2023 di Taman Etnografi “Ethnomir” Moskow, Rusia. (ANTARA/HO/PositiVibe)
Chef Aziz menyebut momen itu menandakan Indonesia tak hanya dikenal dunia dengan kekayaan seni budaya, namun, juga sebagai negara yang memiliki pilihan kuliner lezat. Makanan-makanan khas Indonesia, menurut dia, juga cukup dikenal memiliki cita rasa yang kaya bumbu dan rempah.

“Senang juga pastinya masih dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan cara yang baru, bersama dengan para warga Indonesia di Moskow dan seluruh undangan yang hadir,” ujar Chef Aziz.

Baca juga: Dubes RI promosikan gastrodiplomasi di Akademi Kepresidenan Rusia

Baca juga: Cita rasa Bali yang memperkuat hubungan Qatar-Indonesia

Baca juga: KBRI gelar festival Indonesia pertama di Kazakhstan


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023