Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) melaksanakan program Gubernur Menyapa Desa sebagai bentuk penguatan koordinasi antara Pemprov Sulteng dengan pemerintah desa.

"Program ini sekaligus untuk menyerap aspirasi dan masukan pembangunan dari pemerintah desa," ucap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Jumat.

Program Gubernur Menyapa Desa dilaksanakan setiap bulan sekali oleh Pemprov Sulteng melalui Dinas Kominfo Provinsi Sulteng.

Baca juga: Sulteng terapkan konsep "smart village" optimalkan pembangunan desa

Program Gubernur Menyapa Desa mulai dilaksanakan pada Jumat (8/9) secara virtual. Pada kesempatan itu Gubernur Rusdy Mastura menyapa langsung pemerintah desa di Kabupaten Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong.

"Program ini sekaligus mendengarkan langsung perkembangan pembangunan, pelayanan masyarakat, dan pemerintahan di tingkat desa," kata Rusdy Mastura.

Gubernur Rusdy dalam program ini berdialog langsung dengan empat kepala desa yaitu Kepala Desa Kota Raya Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Kades Sidondo 4, Kabupaten Sigi, serta Kades Polanto Jaya dan Kades Kasimbar Selatan, Kabupaten Parigi Moutong.

Baca juga: Pemprov Sulteng luncurkan program desa percontohan antikorupsi

Dalam dialog secara virtual itu, Gubernur Rusdy mendengar langsung kebutuhan pembangunan di tingkat desa di antaranya terkait dengan pembangunan infrastruktur saluran air pertanian di wilayah Kota Raya, Kabupaten Parigi Moutong.

Kemudian berkaitan dengan percepatan penyelesaian pembangunan irigasi pertanian di Kabupaten Sigi, serta penyiapan benih tanaman pertanian dan jalan kantong produksi.

"Kami minta Bappeda dan OPD terkait agar segera merencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di empat desa tersebut," kata Rusdy.

Baca juga: Percepat pengembangan desa, Sulteng gandeng Kemendes PDTT

Ia menambahkan bahwa setiap bulan perlu dilakukan program menyapa desa, agar Pemprov Sulteng lebih mengetahui mengenai kebutuhan desa.
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023