Masing-masing punya cara, ya cara saya seperti itu
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan ia memilih "blusukan" menjelajahi wilayah kerja untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan masyarakat Jakarta.

"Masing-masing punya cara, ya cara saya seperti itu," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin, ketika ditanya tentang pernyataan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengenai tugas kepala daerah.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri menyatakan, kepala daerah harus turun ke lapangan tapi waktunya harus ditentukan supaya bisa optimal menjalankan semua tugas dan fungsi sebagai kepala daerah, termasuk mencermati peraturan dan undang-undang.

Menurut Jokowi, banyak turun langsung ke lapangan merupakan cara yang efektif untuk mengetahui dan memahami keinginan dan kebutuhan masyarakat.

Hasil observasi langsung di lapangan, ia menjelaskan, memungkinkan dia memilih strategi penyelesaian masalah yang sesuai dengan kondisi nyata masyarakat.

"Kalau rapat terus gimana mau tahu soal rakyatnya," kata dia.

Ia juga menganggap jadwal dia rapat di kantor sudah terlalu lama. "Seminggu sekali rapat saja itu sudah kebanyakan menurut saya," demikian Jokowi.


Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013