Saat ini Pulau Lepar sudah tersambung jaringan internet, target kami semua pulau terbebas dari "blank spot" dan bisa dimanfaatkan warga untuk kegiatan produktif
Toboali, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan program internet produktif untuk warga yang tinggal di daerah pulau.

"Saat ini Pulau Lepar sudah tersambung jaringan internet, target kami semua pulau terbebas dari "blank spot" dan bisa dimanfaatkan warga untuk kegiatan produktif," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Senin.

Pemkab Bangka Tengah bekerja sama dengan Icon Plus yang merupakan anak PT PLN Persero dalam menyediakan akses internet produktif di daerah pulau.

"Kita bekerja sama dengan pihak PLN melalui Icon Plus atau Iconnet dan saya memberikan apresiasi kepada perusahaan negara ini yang sudah menjangkau masyarakat di daerah pulau," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat yang tinggal di pulau terutama di Pulau Lepar yang sudah tersambung jaringan internet tidak lagi mengalami blank spot.

"Mereka bisa maju seperti warga yang bukan tinggal di daerah pulau, dan tentu saja saya berharap jaringan internet gratis yang kita sediakan ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan produktif," ujarnya.

Riza mengatakan, dengan tersedianya jaringan internet gratis maka pelaku UMKM bisa memanfaatkannya untuk menggunakan media digital dalam memasarkan produk unggulan.

"Dengan dunia teknologi saat ini, pemasaran secara digital itu sangat penting. Ini bagian dari manfaatkan jaringan internet yang kita sediakan, silahkan diakses untuk kegiatan positif dan produktif," ujarnya.

General Manager PLN Babel Mohammad Munief Budiman mengatakan, bahwa saat ini masyarakat di Pulau Lepar, terutama UMKM dan masyarakat lainnya juga bisa memanfaatkan fitur market place yang ada di aplikasi PLN Mobile untuk melakukan transaksi jual beli secara digital.

"Dengan transformasi digital saat ini internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat dan bahkan dalam memasarkan produk UMKM kini bisa menggunakan digital agar jangkauan pasarnya lebih luas," ujarnya.

Selain itu, kata Munief, PLN mobile saat ini juga terdapat fitur market place dimana pelaku UMKM dan masyarakat dapat menggunakan untuk bertransaksi secara digital melalui Aplikasi PLN Mobile tersebut.

Baca juga: Bangka Selatan sediakan jaringan internet gratis di pulau terluar

Baca juga: Pj Gubernur Babel apresiasi Pulau Lepar 100 persen Iconnet

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023