Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengoptimalkan keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS 3R) yang dibentuk di tingkat kelurahan untuk menyelesaikan permasalahan sampah.

"TPS 3R di Bantul sekarang yang aktif itu kurang lebih 18 TPS, tetapi yang 18 itu tidak di masing-masing kelurahan ada, belum merata. Ada satu kelurahan terdapat dua TPS 3R," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Ari Budi Nugroho di Bantul, Senin.

Menurut dia, TPS 3R yang merupakan badan usaha milik kelurahan (Bumkal) dan dikelola masyarakat bersama pihak kelurahan itu akan terus didorong untuk mengolah sampah mandiri, bahkan didukung dengan peralatan agar sampah yang dihasilkan masyarakat setempat dapat terkelola maksimal.

Baca juga: Kota Malang terapkan TPS 3R untuk pengelolaan sampah

Meskipun demikian, kata dia, masih ada TPS 3R di Bantul yang kurang aktif dalam melakukan kegiatan, sehingga oleh pemerintah kabupaten terus diberikan edukasi agar pengolahan sampah tetap berjalan agar sampah dapat selesai di tingkat kelurahan.

"Tidak dipungkiri, TPS 3R yang tidak aktif itu tugas kita dari pemerintah memberikan edukasi, mungkin kita mengidentifikasi kenapa tidak aktif, bisa juga karena kelembagaan, bisa juga karena mungkin terkait dengan fasilitasnya, bisa juga tempatnya rusak atau mungkin alat-alatnya sudah tidak mendukung," katanya.

Baca juga: Wali Kota Denpasar resmikan TPS 3R atasi sampah perkotaan

Namun, kata dia, sebagian besar temuan dari DLH Bantul bahwa ketidakaktifan TPS tersebut karena kelembagaan yang belum optimal, sehingga ke depan akan terus dilakukan pendampingan agar bisa mendukung program Bantul Bersih Sampah.

Ari Budi juga mengatakan, selain TPS 3R, keberadaan pengelola sampah mandiri (PSM) di Bantul yang jumlahnya ratusan juga didorong terus bersinergi dengan jejaring pengelola sampah, melalui berbagai kegiatan mengolah sampah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Masyarakat desa di Bantul kembangkan laboratorium pengelolaan sampah

"PSM dalam mengelola sampah ada yang mungkin dalam bentuk Sodaqoh Sampah atau Bank Sampah, sehingga kita tidak hanya terpaku pada TPS 3R, tetapi PSM ini yang bisa dikelola Bumkal, dan bisa dikelola kelompok dalam bentuk TPS 3R," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023