Bisa mulai sedini sejak gigi susu tumbuh pada bayi rentang usia empat sampai enam bulan
Jakarta (ANTARA) - Praktisi Kesehatan, Dokter Gigi Spesialis Periodontik dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan drg Indah Kusuma Pertiwi menganjurkan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin sedari dini.
 
"Bisa mulai sedini sejak gigi susu tumbuh pada bayi rentang usia empat sampai enam bulan," katanya dalam acara gelar wicara terkait kesehatan gigi dan mulut, yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.
 
Selain pemeriksaan bayi dan balita di dokter anak, kata Indah, orang tua juga perlu memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anak sejak bayi, guna mengetahui cara membersihkan gigi dan mulut pada bayi, karena orang tua perlu mengetahui cara membersihkan mulut bayi dengan baik dan benar.

Baca juga: HKGMN, 50 persen populasi dunia miliki masalah kesehatan gigi & mulut
 
Kemudian, sambungnya, pembiasaan anak dalam melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin (dental check up) akan memberikan pengalaman yang baik saat ke dokter gigi bagi anak.
 
"Itu juga bisa mengurangi trauma, terutama (jika berobat) dalam kondisi sakit dan bengkak, akan banyak terdapat ketidaknyamanan pada anak yang bisa menimbulkan trauma pada anak," ujarnya.
 
Dengan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin sedini mungkin, kata Indah, orang tua juga turut mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca juga: ULM cetak 439 dokter gigi dukung pembangunan kesehatan di Kalimantan
 
Jika gigi dan mulut anak sehat, kata dia, anak tidak merasakan sakit pada saat mengunyah. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan anak untuk dapat mengunyah makanan bergizi, yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak.
 
Pemeriksaan tersebut, sambungnya, hanya memerlukan waktu enam bulan sekali jika sehat dan tiga hingga empat bulan sekali jika ditemukan masalah pada gigi dan mulut.
 
Indah juga menyebutkan bahwa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut merupakan layanan yang dicakup oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
"Bagi yang belum mulai (pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut), sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Tidak ada salahnya menambahkan dental check up pada anak," ucapnya.

Baca juga: Dokter anjurkan tambal gigi meski lubang kecil

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023