Banjarmasin (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) hingga kini telah mencetak sebanyak 439 dokter gigi untuk mendukung pembangunan kesehatan di Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya dan Pulau Kalimantan secara umum.

"Lulusan dokter gigi ULM memang tersebar bertugas di penjuru Kalimantan karena menjadi satu-satunya Fakultas Kedokteran Gigi yang ada di pulau ini," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: ULM telah cetak 29 dokter spesialis untuk daerah yang membutuhkan

Menurut dia, Indonesia khususnya wilayah Kalimantan sangat membutuhkan kontribusi dari para dokter gigi dalam mewujudkan pembangunan bangsa menuju masyarakat yang sehat.

Oleh karena itu, ULM mendirikan Program Studi Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran pada 2009 yang kemudian 2015 menjadi Fakultas Kedokteran Gigi sebagai fakultas ke-11 di lingkungan ULM.

Alim menyebut kala itu muncul keprihatinan sulitnya masyarakat lokal di Kalimantan menjadi abdi negara seperti anggota TNI-Polri dikarenakan terkendala rusaknya gigi para pemudanya.

Baca juga: ULM konsisten cetak ribuan sarjana setiap tahun dongkrak IPM Kalsel

"Namun, sekarang dengan terpenuhinya tenaga dokter gigi alumni ULM yang secara konsisten terus mencetak lulusan, alhamdulillah layanan kesehatan gigi dan mulut kini semakin optimal," katanya.
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri didampingi Dekan FKG ULM Prof drg Maharani Laillyza Apriasari bersama para dokter gigi angkatan ke-32 yang dikukuhkan. (ANTARA/Firman)


Dekan FKG ULM Prof drg Maharani Laillyza Apriasari mengatakan lulusan FKG sudah menginjak pada angkatan ke-32 dengan terakhir pengambilan sumpah dokter gigi sebanyak 28 orang.

Bahkan dari 28 dokter gigi yang dikukuhkan, 24 di antaranya lulus tepat waktu dengan 12 lulusan mendapat predikat pujian dan 12 lulusan mendapat predikat sangat memuaskan.

Baca juga: ULM miliki 76 guru besar perkuat status unggul di Kalimantan

"Hal ini menjadi kebanggaan FKG ULM sebagai bukti komitmen kami terus berupaya meningkatkan kualitas SDM lulusan," katanya.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023