Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kini memiliki 76 guru besar yang memperkuat statusnya sebagai kampus unggul di Kalimantan dengan jumlah profesor terbanyak.

"Alhamdulillah, hari ini ULM menambah lagi tiga guru besar baru sehingga 76 profesor sekarang jauh meninggalkan jumlah guru besar di kampus lainnya di pulau Kalimantan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Rabu.

Bahkan Alim mengungkapkan dalam waktu dekat dikukuhkan lagi lima guru besar setelah diterimanya surat keputusan (SK) dari kementerian terhadap lima dosen tersebut untuk menjadi guru besar.

"Insya Allah bulan Mei ini ditutup ULM dengan memiliki 81 guru besar sehingga semakin mendekatkan diri menuju 100 guru besar," ucapnya.

Baca juga: Kemenkumham serahkan tiga sertifikat Paten untuk ULM

Baca juga: ULM jajaki pembangunan kampus di Kotabaru sesuai potensi daerah


Rektor mengakui minimal 100 guru besar menjadi target di tahun ini dapat terealisasi.

Menurutnya, target tersebut sangatlah realistis berdasarkan tingkat potensi yang dimiliki ULM dengan banyaknya jumlah dosen bergelar doktor (S3) dan telah menempati jenjang jabatan lektor kepala.

Dalam upaya mendorong percepatan guru besar, perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki kampus di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, itu telah membentuk tim percepatan peningkatan jabatan fungsional bagi para dosen.

"Termasuk percepatan lektor kepala, semuanya difasilitasi sebaik-baiknya sebagai komitmen ULM mencetak lebih banyak dan lebih cepat guru besar," katanya.

Adapun tiga guru besar baru itu yakni Prof Akhmad Rizali dari Fakultas Pertanian dengan orasi ilmiah berjudul Bakteri bacillus thuringiensis sebagai agensia pengendalian hayati.

Kemudian Prof Suyanto dari Fakultas Kehutanan dengan orasi ilmiah berjudul Pelestarian jenis ulin berbasis informasi geopasial di wilayah tropika humida.

Selanjutnya Prof Bachruddin Ali Akhmad dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan membawakan orasi ilmiah berjudul Komunikasi pemerintah daerah di Indonesia.

Diketahui saat ini ULM menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan yang masuk klaster mandiri alias terbaik dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Memiliki 64 Program Sarjana (S1), 24 Program Magister (S2) dan enam Program Doktoral (S3) yang sudah beroperasi dengan total 40 ribu mahasiswa tahun ini menjadikan ULM sebagai kampus terbesar di Kalimantan.*

Baca juga: Pakar: Kuatkan sistem kesehatan yang tangguh setelah pandemi dicabut

Baca juga: 9.836 siswa ikuti UTBK SNBT di Universitas Lambung Mangkurat

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023