Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 9.836 siswa mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang mulai digelar Senin (8/5) sampai 14 Mei 2023 untuk gelombang pertama.

"Para peserta ini yang memilih ULM sebagai perguruan tinggi tujuannya lolos dari SNBT," kata Wakil Rektor Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Ahad.

Sebagai salah satu pusat penyelenggara UTBK SNBT 2023, ULM pun telah mempersiapkan diri seoptimal mungkin baik sarana prasarana maupun petugas sebagai pengawas ruang ujian.

Iwan menyebut pihaknya telah memberikan arahan kepada panitia dan pengawas UTBK SNBT sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca juga: Tiga lulusan raih nilai sempurna saat Wisuda ke-111 ULM

Baca juga: ULM konsisten cetak ribuan sarjana setiap tahun dongkrak IPM Kalsel


Apalagi sesuai saran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), data dari UTBK akan langsung dikirim ke server yang sudah disiapkan oleh panitia pusat secara seketika (real time).

Maka dari itu, diperlukan persiapan dari segi infrastruktur dan aplikasi agar penerapan model baru tersebut dapat berjalan lancar.

"Ketika memasuki ruang ujian, peserta diperiksa dengan alat metal detektor dan digeledah jika dianggap ada sesuatu hal yang mencurigakan termasuk pencocokan foto untuk mencegah adanya kecurangan seperti aksi joki," kata Iwan.

Untuk pelaksanaan UTBK gelombang kedua dijadwalkan 22 hingga 28 Mei 2023 dan pengumuman hasil SNBT pada 20 Juni 2023 mendatang.

ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terakreditasi A dan menjadi kampus unggul di Kalimantan Selatan, sebelumnya telah menerima sebanyak 1.589 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan 411 orang diantaranya calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Tahun akademik 2023-2024 ULM menerima kuota mahasiswa baru untuk Program Sarjana 6.888 orang melalui tiga jalur seleksi yaitu SNBP, SNBT dan seleksi secara mandiri.*

Baca juga: Ratusan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat aktif berwirausaha

Baca juga: Aktivitas fisik dan gizi seimbang jaga tetap sehat selama Idul Fitri

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023