Banjarmasin (ANTARA) - Sedikitnya 600 mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan saat ini aktif berwirausaha dengan menjalankan bisnis secara mandiri, sehingga bisa membiayai perkuliahan sendiri tanpa bergantung pada orang tua.

"Jumlah mahasiswa yang memiliki usaha terus meningkat dari tahun ke tahun, saat ini angkanya mencapai 600 orang," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM, Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Senin.

Dia menyebut angka tersebut ditargetkan meningkat hingga 1.000 mahasiswa pada tahun ini dengan beragam program kampus yang mendukung tumbuhnya wirausaha muda.

Baca juga: ULM terima 411 calon mahasiswa KIP Kuliah di jalur SNBP 2023

Menurutnya, Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri terus mendorong mahasiswa untuk bisa merintis usaha sejak di bangku kuliah tanpa mengganggu aktivitas belajar.

Bahkan, pihak kampus membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa yang berwirausaha sebagai dukungan mencetak pengusaha muda.

Menurut dia, salah satu indikator kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh jumlah wirausaha yang dimiliki.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), rasio jumlah wirausaha di Indonesia masih sebesar 3,47 persen atau hanya sekitar 9 juta orang dari jumlah penduduk sekitar 276 juta jiwa.

Sedangkan rasio jumlah pengusaha di negara maju rata-rata 12 persen dari populasi penduduk.

Baca juga: 10 mahasiswa ULM terima beasiswa ADik disabilitas

Baca juga: 450 mahasiswa ULM ikuti program Wirausaha Merdeka


"Kami senang lulusan ULM bisa berkarier cemerlang di sebuah pekerjaan, namun kami lebih bangga lagi ketika alumni menjadi pengusaha sukses yang membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang," ucap Rusmin.

ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar dan terbaik di Kalimantan, terakreditasi A, saat ini dipercaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menjadi tuan rumah penyelenggara program Wirausaha Merdeka yang diikuti ratusan mahasiswa dari 15 perguruan tinggi.

Selama satu semester mahasiswa dibekali magang, perencanaan bisnis, mentoring dan pendampingan, serta kunjungan industri ke beberapa perusahaan dan industri di Kalimantan Selatan.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023