Jakarta (ANTARA) - Sekitar 700 gedung tinggi milik perusahaan 
swasta di DKI Jakarta siap dipasang pompa bertekanan tinggi (water mist generator) untuk membuat kabut air guna menekan polusi udara.

"Sudah ada sekitar 700 pemilik gedung. Mereka mendukung program dengan 'water mist'," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Wali kota di setiap wilayah DKI Jakarta juga sudah mengumpulkan seluruh pemilik gedung swasta untuk sosialisasi pemakaian "water mist generator".
 
Namun, Asep mengatakan, ketersediaan dan pengadaan "water mist generator" untuk setiap gedung swasta di Ibu Kota masih terkendala. Saat ini, pompa air sedang diproduksi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Kalau sudah tersedia banyak, saya optimistis bahwa pemilik gedung pasti akan menyediakan alat 'water mist'," ujar Asep.

Baca juga: Kualitas udara di Jakarta Timur pada Rabu pagi tidak sehat
 
Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin meninjau pengoperasian mesin "water mist" di atap Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (7/9/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Asep berharap, para pemilik gedung dapat berinisiatif memasang "water mist" sebagai alat kelengkapan gedung, sama seperti alat pemadam kebakaran. "Sehingga pada saat kualitas udara semakin memburuk, gedung-gedung swasta dapat bersama-sama menggunakan water mist," katanya.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah menargetkan seluruh gedung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memasang pompa bertekanan tinggi (water mist generator) untuk menekan polusi udara.
 
"Nanti kita keliling. Kita cari waktu kapan gitu (untuk mengecek)," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

Kantor milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah memasang "water mist generator" antara lain Kantor Wali Kota Jakarta Pusat dan Kantor Wali Kota Jakarta Utara. Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kantor Wali Kota Jakarta Barat serta Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Baca juga: Tilang uji emisi bisa jadi simpul kemacetan baru
 
Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto sedang memantau penggunaan "water mist" di atas lantai 11 Gedung A Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (11/9/2023). (ANTARA/Risky Syukur)
Sementara perusahaan yang telah memasang "water mist generator" terdapat lima perusahaan di antaranya PT Pamapersada Nusantara, PT United Tractors Tbk, PT Waskita Rajawali Tower di wilayah Jakarta Timur dan LTC Glodok di Jakarta Barat.

Adapun sejumlah perusahaan lainnya yang sedang melakukan pemesanan "water mist generator", yakni PT Graha Serasi Oto Raya, PT Toyota Astra Moto, Pengelola Apartemen Springhill, Pengelola Apartemen Northland di wilayah Jakarta Utara. Kemudian PT Soho Global Health di Jakarta Timur.

Lalu, PT Pelabuhan Indonesia Persero atau Pelindo di Jakarta Utara juga sedang melakukan pemesanan "water mist generator".

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023