Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung melaju ke babak 16 besar Hong Kong Open setelah meraih kemenangan rubber game atas pemain Thailand Busanan Ongbamrungphan 21-17, 18-21, 21-17.

Gregoria mengungkapkan dirinya masih belum sepenuhnya pulih dari rasa sakit di kakinya. Namun, ia tetap fokus untuk meraih poin demi poin di babak pertama turnamen BWF Super 500 tersebut.

“Pastinya senang dengan kemenangan hari ini karena bisa dibilang dengan kondisi saya sekarang, saya harus bisa mempertahankan performa saya walaupun dengan sedikit gangguan,” kata Gregoria, dikutip dari keterangan resmi PBSI di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sepuluh wakil Indonesia berlaga pada hari kedua Hong Kong Open

“Tadi saya berusaha sebisa mungkin untuk tidak memikirkan itu karena dengan kondisi ini, saya harus lebih bekerja keras. Pergerakan kaki lebih lambat dan pasti lawan bisa lihat celah itu. Saya hanya fokus bagaimana bisa mendapat poin dan bisa menang,” ujarnya.

Soal jalannya pertandingan, Gregoria mengatakan ia mencoba meladeni reli-reli lawan pada gim pertama. Strategi itu pun berhasil, namun, di gim kedua, Gregoria mengaku kurang sabar dan ingin segera mematikan bola. Akibatnya, Gregoria banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri.

“Di gim ketiga, saya dan lawan sepertinya hanya mengadu mental dan kuat saja rasanya. Saya semaksimal mungkin untuk tidak melakukan kesalahan sendiri,” ujar dia.

Dengan kemenangan ini, maka Gregoria akan berjumpa dengan wakil Singapura, Yeo Jia Min pada babak kedua Hong Kong Open 2023.

Baca juga: Anthony Ginting maju ke babak 16 besar Hong Kong Open

Di sisi lain, tak lama setelah kemenangan Gregoria, wakil Indonesia lainnya yaitu Putri Kusuma Wardani juga dipastikan lolos ke babak kedua setelah menaklukkan wakil Jepang, Nozomi Okuhara, 21-7, 23-21. Dengan ini, Gregoria dan Putri mengikuti langkah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting ke 16 besar.

Selain Anthony, akan ada pula Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang mewakili Indonesia di sektor tunggal putra.

Lebih lanjut, ada lima pasangan ganda campuran yang bertanding hari ini yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Nita Violina Marwan, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia turunkan 17 wakil ke Hong Kong Open

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023