Jakarta (ANTARA) - Turnamen golf BNI Indonesian Masters 2023 akan digelar pada 16 sampai 19 November mendatang di Royale Jakarta Golf Club, Halim, Jakarta.

Turnamen yang akan digelar untuk ke-11 kalinya itu menawarkan hadiah total senilai 1,5 juta dolar AS (Rp 23.052.150.000), dan telah menjadi bagian International Series dari Asian Tour.

"Kami sangat senang bahwa Asian Tour masih mempercayakan BNI Indonesian Masters sebagai salah satu turnamen unggulan mereka. Ini merupakan salah satu pencapaian terbesar bagi kami sejak pertama kali mengadakan turnamen besar ini 12 tahun lalu," kata founder Indonesian Masters Jimmy Masrin pada konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Pada 2023, turnamen berlabel International Series telah digelar di beberapa negara seperti Oman, Qatar, Thailand, Vietnam, Inggris, dan Skotlandia. Sebelum digelar di Indonesia, International Series akan dimainkan di Singapura pada Oktober mendatang.

Indonesian Masters 2023 sekaligus akan menjadi ajang International Series Asian Tour kesepuluh dan terakhir, dan akan menentukan pemenang The International Series Order of Merit, yang akan mendapat hak untuk tampil di Liga Golf LIV tahun depan.

Baca juga: Yuvraj Singh Sandhu tutup BNI Ciputra Golfpreneur dengan jadi juara

Sepanjang penyelenggarannya, pegolf Indonesia belum pernah menjadi juara di Indonesian Masters. Namun hal itu tidak mengecilkan arti turnamen ini bagi Asian Masters.

"Kami memandang (turnamen) ini sebagai salah satu ajang favorit bagi para pemain, mereka menikmati kotanya, mereka menikmati lapangan golfnya, mereka menikmati acara-acaranya, maka kami mengharapkan hal yang sama pada tahun ini," kata COO Asian Tour David Rollo.

Untuk turnamen tahun ini, diperkirakan akan diikuti oleh total 144 pegolf. Adapun pegolf Indonesia mendapatkan 12 slot sebagai tuan rumah.

"Ada 12 pegolf Indonesia yang profesional, terus ada yang amatir, amatir kan ambil dari PGI, jadi kita akan ikuti peringkat amatir mereka. Kalau di peringkat profesional sih ada 2, 3, 4 pemain yang selalu ikut sirkuit Asian Tour," ujar Jimmy.

Pegolf Inggris Lee Westwood menjadi pegolf dengan gelar juara terbanyak di Indonesian Masters, dengan keberhasilan menjadi juara pada 2011, 2012, dan 2015.

Sedangkan pegolf-pegolf Thailand juga memiliki nama harum di turnamen ini. Jazz Janewattananond meraih gelar Asian Tour Order of Merit 2019 setelah menjadi juara Indonesian Masters 2019, sedangkan Sarit Suwannarut menjadi juara Indonesian Masters 2022 saat melakukan debut di International Series.

Baca juga: Jejak awal pegolf muda Hansel yang mengharumkan Indonesia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023