Jakarta (ANTARA) - Olahraga dan aktivitas fisik dinilai memiliki berbagai manfaat bagi orang lanjut usia sehingga jenama popok dewasa Parenty menggelar kegiatan yoga bersama para lansia di kawasan Jakarta untuk mendukung mereka tetap aktif bergerak dan beraktivitas.

“Yoga dapat memberikan banyak manfaat bagi lansia, seperti memperbaiki kebiasaan tidur, mengurangi dampak kondisi kronis, dan menjaga pikiran tetap tajam dan persendian tetap fleksibel,” kata Manajer Humas MAKUKU Titi Nurmalasari melalui keterangan pers, Rabu.

Aktivitas fisik dengan berolahraga membantu otot menjadi lebih kuat sehingga orang tua dan lansia dapat terus melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Olahraga juga membantu orang tua dan lansia memiliki waktu tidur berkualitas sehingga dapat mencegah mereka dari risiko penurunan kognitif karena usia dan demensia, serta berperan dalam mencegah depresi.
 
“Komunitas usia lanjut perlu perhatian dan diperhatikan. Upaya untuk membangun interaksi memberi kesempatan besar untuk komunitas lansia hidup lebih cerdas, sehat dan bahagia,” kata Observer Kesehatan Dr. H. Abidinsyah Siregar, DHSM, MKes.

Untuk mendukung aktivitas tersebut, orang tua dan lansia dapat menggunakan popok dewasa yang tidak hanya digunakan oleh orang berkebutuhan khusus, tetapi, juga untuk orang tua dan lansia. Penggunaan popok dewasa akan memungkinkan mereka melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa khawatir, menjaga kebersihan dan mencegah infeksi, serta tidak perlu berulang kali ke toilet, termasuk mencegah ruam dan luka baring di kulit.

Menurut sebuah penelitian, sebanyak 15 hingga 20 persen lansia terkena inkontinensia urin, yakni kondisi hilangnya kendali kandungan kemih yang menyebabkan seseorang buang air kecil atau besar tanpa memperhitungkan ketepatan waktu dan tempat. Jumlah pasien dengan kondisi medis kronis itu mencapai 70 persen, sehingga memakai popok dewasa dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Baca juga: Jalan lambat saja bermanfaat untuk kualitas hidup lansia

Baca juga: Melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas hidup lansia

Baca juga: Riset ungkap popok dewasa dengan pad efektif kurangi iritasi kulit

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023