Semoga pasokan air bersih ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih warga di sini
Jakarta (ANTARA) - Polisi menyalurkan 8.000 liter  air bersih kepada warga di RW 11, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat untuk membantu masalah kekurangan air bersih di wilayah tersebut.

Pembagian air bersih tersebut dilakukan lantaran tujuh RT di RW tersebut  mengalami kekurangan pasokan air bersih selama tujuh hari.

"Awalnya kami mendengar ada keluhan masyarakat tentang kekurangan air, khususnya warga di RW 11, Kelurahan Pegadungan. Maka dari itu atas perintah Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol M. Syahduddi, kami membawa mobil berisi air berkapasitas 8.000 liter," kata Kapolsek Kalideres, Kompol Abdul Jana saat ditemui di lokasi,  Kamis.

Abdul berharap bantuan pasokan air tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan cuci dan mandi, bukan untuk minum.

"Semoga pasokan air bersih ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih warga di sini," ungkap Abdul.

Mengenai bantuan air bersih selanjutnya, Abdul menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan pengurus RW 11.

Pada kesempatan yang sama, Ketua RW 11, Arif Rahman menyebut ada tujuh RT di wilayahnya yang mengalami kesulitan air bersih selama sekitar satu minggu terakhir, yakni RT 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.

"Jadi warga di sini sangat membutuhkan air, karena kan memang di sini cadangannya tidak ada. Dulu ambil air pakai Sanyo dari air tanah,  tapi karena di sini mayoritas airnya asin, jadi banyak yang sudah dimatikan air tanahnya. Makanya sangat tergantung sekali dengan air dari PDAM," ungkap Arif.

Mengenai jumlah jiwa yang terdampak, Arif menyebut ada sekitar 2-3 ribu jiwa dari total 6,5 ribu di RW 11, Kelurahan Pegadungan.

"Kalau dihitung ini hampir separuhnya yang terdampak," kata Arif.

Arif mengapresiasi langkah cepat Polsek Kalideres, berikut Polres Metro Jakarta Barat yang mengirimkan bantuan air bersih.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Kapolsek Kalideres Kompol Abdul Jana dan Bapak Kapolres Jakarta Barat yang sudah memberikan bantuan air bersih untuk warga kami," kata Arif.

Ia juga berharap agar bantuan air bersih juga bisa diberikan untuk hari-hari selanjutnya.

"Semoga besok ada bantuan lagi dari Bapak Kapolsek, untuk wilayah RW 011 ini, supaya warga yang membutuhkan air bersih ini bisa tercukupi kebutuhannya," kata Arif.
Baca juga: Antisipasi krisis air, Jakarta Timur telah siapkan sumur resapan
Baca juga: Dampak kemarau membuat debit air di Kanal Banjir Timur Jaktim surut
Baca juga: Kualitas udara Jakarta terburuk nomor satu di dunia pada Minggu pagi


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023