Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali mengadakan rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), salah satunya melalui program "Pelindo Mengajar" untuk mengenalkan siswa kelas 3 SMA tentang industri kepelabuhanan dan logistik.

Program tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian program Hari Pelindo Tahun 2023 yang diperingati setiap 1 Oktober.

"Kesempatan ini kami manfaatkan untuk terus memberikan ilmu, wawasan, dan berbagi pengalaman khususnya di bidang kepelabuhanan untuk pengembangan Gen Z di era digitalisasi. Diharapkan ini memotivasi semangat belajar para siswa untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang, yang muaranya mendukung mewujudkan generasi emas Indonesia yang tangguh dan berdaya saing pada 2045," kata Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Adapun, "Pelindo Mengajar" dilakukan di 28 titik yang tersebar di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Jawa Timur dengan rentang waktu pelaksanaan mulai 15 September hingga 19 September 2023.

Pemilihan lokasi tersebut sejalan dengan program Gen Z Talent Activation Kementerian BUMN di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, Ihsanuddin menjelaskan kegiatan "Pelindo Mengajar" yang merupakan salah satu program TJSL prioritas BUMN di bidang pendidikan turut melibatkan jajaran direksi Kantor Pusat Pelindo, termasuk di dalamnya direktur utama, wakil direktur utama, lima direktur serta komisaris utama Pelindo.

"Mereka akan menjadi fasilitator yang berinteraksi langsung dengan para pelajar, berdasarkan wilayah-wilayah yang sudah ditentukan perusahaan," kata dia.

Dalam pelaksanaannya, Pelindo juga memberikan bantuan penunjang pendidikan senilai Rp20 juta hingga Rp50 juta di setiap sekolah yang dikunjungi program tersebut.

Menjelang dua tahun pasca merger, Pelindo terus melakukan transformasi untuk meningkatkan kualitas dan layanan di bidang kepelabuhanan. Salah satu fokus utamanya ialah transformasi operasional melalui standardisasi dan sistemisasi pelabuhan yang ditunjang peningkatan kapabilitas SDM serta transformasi proses bisnis.

Namun di sisi lain, Ihsanuddin mengatakan sebagai BUMN, Pelindo juga menjalankan peran mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia melalui program TJSL, yang mengacu pada tiga bidang prioritas, yakni peningkatan kualitas pendidikan, keselarasan interaksi dengan lingkungan, dan pengembangan usaha mikro dan kecil.

"Program "Pelindo Mengajar" ini merupakan salah satu contoh implementasi program TJSL perusahaan yang mendukung program pemerintah, khususnya di bidang pendidikan," ucapnya.

Baca juga: Pelindo kenalkan industri pelabuhan dan logistik pada pelajar di Jakut
Baca juga: Pelindo IV perkenalkan peran kepelabuhanan pada siswa SMA
Baca juga: Pelindo buka peluang kolaborasi dengan mitra global di AIPF 2023

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023