Kota Mojokerto (ANTARA) -
Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur, melakukan uji emisi pada kendaraan operasional dalam rangka meningkatkan kualitas udara di kota setempat menjadi lebih baik.
 
"Dari internal Pemerintah Kota Mojokerto ada kendaraan dinas yang difungsikan dalam rangka mendukung tugas pemerintahan ini harus lolos uji emisi dalam rangka mendukung kualitas udara di Kota Mojokerto agar menjadi lebih baik," kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di sela pelaksanaan uji emisi di Lapangan Raden Wijaya, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Kamis.
 
Ia mengatakan, uji emisi tersebut juga melayani masyarakat umum yang memiliki kendaraan roda empat dan beroperasi di Kota Mojokerto.

Baca juga: Pemerintah Kota Bogor uji emisi 148 mobil dinas
 
"Uji emisi gratis ini menyasar 150 kendaraan dinas milik Pemkot Mojokerto, kendaraan operasional milik perusahaan swasta, dan kendaraan roda empat milik warga kota maupun luar Kota Mojokerto," tuturnya.
 
Ika Puspitasari saat meninjau pelaksanaan uji emisi menyampaikan bahwa kendaraan dinas menjadi salah satu sasaran merupakan bukti bahwa pemerintah tidak hanya mengajak tetapi juga memberikan contoh secara langsung kepada masyarakat.
 
Perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini juga menyampaikan bahwa rendahnya indeks kualitas udara karena kendaraan bermotor merupakan salah satu problem dari wilayah perkotaan termasuk Kota Mojokerto.

Baca juga: Pemkot Madiun gelar uji emisi gratis untuk kendaraan roda dua
 
"Kami tetap harus berupaya bagaimana indeks kualitas udara ini juga bisa kita minimalisir potensinya untuk menjadi lebih buruk. Kami minimalisir bersama agar kualitasnya bisa lebih baik. Salah satu upayanya adalah mengurangi tingkat polusi dari kendaraan bermotor," tuturnya.

Ning Ita menambahkan bahwa uji emisi gratis ini sebagai edukasi agar pemilik kendaraan yang tidak lolos uji emisi mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
 
"Nanti kendaraan-kendaraan lain juga kita dorong untuk berkala melakukan uji emisi, agar kita juga mengetahui ketika tidak lolos ada upaya-upaya untuk segera dilakukan tindakan yang solutif dalam rangka bersama-sama menjaga kualitas udara di Kota Mojokerto agar lebih baik lagi ke depannya, " ujar dia.

Baca juga: Kendaraan Kepulauan Seribu ikut uji emisi demi perbaiki kualitas udara
 
Pada uji emisi gratis ini setiap kendaraan yang telah diuji akan ditempeli stiker. Sedangkan bagi kendaraan yang dinyatakan tidak lolos akan diedukasi untuk melakukan perbaikan.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023