Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (14/9) menjadi sorotan, di antaranya rapat tim pemenangan bakal calon presiden yang akan maju Pemilihan Presiden 2024 sampai keputusan Komisi Penyiaran Indonesia menetapkan tayangan azan yang menampilkan Ganjar Pranowo bukan pelanggaran.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

KPI putuskan tayangan azan yang tampilkan Ganjar bukan pelanggaran

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan tayangan azan dalam stasiun TV swasta yang menampilkan bakal calon presiden Ganjar Pranowo bukan pelanggaran karena yang bersangkutan saat ini belum secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden ke KPU.

Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat Tulus Santoso menjelaskan bahwa keputusan itu merupakan hasil rapat pleno anggota KPI pada hari Rabu (13/9).

"Berdasarkan hasil forum klarifikasi dan rapat pleno, KPI menilai bahwa siaran azan magrib yang menampilkan salah satu sosok atau figur publik tidak melanggar ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS)," kata Tulus saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

RI beli sistem evakuasi kapal selam SRV-F Mk.3 buatan Inggris

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan PT BTI Indo Tekno membeli sistem evakuasi kapal selam (SRVS) buatan perusahaan Inggris, Submarine Manufacturing & Products (SMP) untuk memperkuat armada TNI Angkatan Laut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumatha menyebut nilai kontrak pembelian itu mencapai 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,5 triliun.

Selengkapnya baca di sini.

Erick: Saya punya hubungan baik dengan Prabowo, Ganjar, dan Anies

Erick Thohir mengaku memiliki hubungan baik dengan tiga nama bakal calon presiden (capres), yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, dan menyebut ketiganya merupakan tokoh terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini.

"Saya punya hubungan baik dengan ketiganya. Dengan Pak Prabowo, karena sama-sama di kabinet, kami kerja sama mengenai industri pertahanan, korupsi (PT) Asabri kami bongkar bersama, ada peran jaksa agung dan dukungan pak presiden," kata Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo paparkan 12 fokus kebijakan dalam pertemuan ketum parpol KIM

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memaparkan 12 fokus kebijakan dalam pertemuannya bersama para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) yang tergabung pada koalisi tersebut.

“Tadi sudah dibahas beberapa langkah yang akan kita tempuh. Juga saya paparkan, saya tawarkan suatu agenda bangsa untuk dijadikan suatu acuan, landasan untuk dibahas,” kata Prabowo saat konferensi pers usai pertemuan tersebut di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis malam.

Selengkapnya baca di sini.

KSP dorong KPU ciptakan Pemilu 2024 ramah disabilitas

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menciptakan Pemilu 2024 yang ramah bagi pemilih dari kelompok disabilitas yang jumlahnya sebanyak 1,1 juta orang.

“Inklusifitas dan aksesibilitas menjadi isu yang harus disiapkan secara serius oleh KPU. Jangan sampai hak pilih kaum disabilitas ini tidak terfasilitasi dengan baik yang ujungnya membuat tingkat partisipasinya rendah,” kata Jaleswari usai mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu 2023, di Jakarta, Kamis, sebagaimana keterangan tertulis di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023