yang terbakar ada bahan-bahan plastik, karet dan kimia sehingga kami agak kesulitan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamat (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara memblokir lokasi kebakaran pabrik dan gudang sepatu di kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara agar tidak merambat ke permukiman warga.

“Pola penyerangan kami berhasil dari arah utara ke sisi selatan yang perbatasan langsung dengan permukiman warga sehingga api tidak merambat,” kata Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Abdul Wahid di Jakarta, Jumat.

Wahid mengatakan sebanyak 33 unit pemadam kebakaran dari Jakarta Utara, Barat, Selatan, dan Pusat dikerahkan untuk memadamkan api.

“Total lebih 150 personel yang ikut serta dalam upaya pemadaman kebakaran yang terjadi,” ucap Wahid.

Saat ini, Wahid mengungkapkan petugas masih berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi sejak pukul 11.27 WIB itu hingga sekarang.

“Sepertinya yang terbakar ada bahan-bahan plastik, karet dan kimia sehingga kami agak kesulitan untuk masuk akibat pekat nya asap sehingga menyesakkan pernapasan,”ungkap Wahid.
 
Petugas damkar berupaya memadamkan api saat Kebakaran Pabrik di Penjaringan, Jakarta, Jumat (15/9/2023). ANTARA/Bayu Pratama S.


Berdasarkan pengalaman, Wahid menuturkan petugas menemui kesulitan, kendala, serta risiko yang sama saat memadamkan sumber api kebakaran.

“Belum bisa, jadi justru dalam 1 hingga 2 jam ke depan, kita ingin masuk-masuk fase pendinginan,”tutur Wahid.

Pantauan di lapangan, saat ini asap hitam masih membubung tinggi dan warga yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran masih terlihat panik dengan mengangkut barang berharga.

Kasi Ops Gulkarmat Jakarta Utara Abdul Wahid mengaku belum menerima laporan ada laporan korban jiwa dan untuk penyebab kebakaran masih diselidiki.

Baca juga: Pusri pastikan tidak ada korban jiwa atas insiden kebakaran pabrik

Baca juga: Polisi selidiki kebakaran pabrik Counvire di areal PT Pusri Palembang

Baca juga: 60 personel padamkan kebakaran kantor pabrik mebel di Jakbar

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023