London (ANTARA) - Otoritas Militer Ukraina pada Jumat mengatakan bahwa pasukannya telah merebut sebuah desa dekat Bakhmut, kota di bagian timur Ukraina yang jatuh ke tangan Rusia pada Mei lalu setelah dikepung selama berbulan-bulan.

Pihak Rusia telah menderita banyak korban jiwa dan kehilangan peralatan, sementara pasukan Ukraina berhasil membentengi beberapa daerah, kata Staf Umum angkatan bersenjata Ukraina dalam laporannya.

“Dalam operasi penyerangan, mereka merebut Andriivka di wilayah Donetsk,” kata Staf Umum.

Desa Andriivka terletak di selatan Bakhmut, tempat pertempuran paling berdarah sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu.

Staf Umum juga melaporkan mengenai "keberhasilan parsial" di dekat desa Klishchiivka, selatan Bakhmut.

Selama serangan balasan yang berlangsung selama tiga bulan, Ukraina melaporkan kemajuan yang lambat namun stabil dalam melawan posisi Rusia yang sudah solid, dengan merebut kembali serangkaian desa dan maju ke sisi Bakhmut.

Presiden Volodymyr Zelenskiy dan pejabat lainnya menepis kritik Barat yang mengatakan serangan itu terlalu lambat dan terhambat oleh kesalahan strategis.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar awalnya melaporkan pada Kamis bahwa Andriivka telah berada di bawah kendali Ukraina, tetapi kemudian mengatakan bahwa hal itu tidak akurat karena pertempuran masih berkecamuk di sekitar desa.

Lebih jauh ke selatan di wilayah Donetsk, pasukan Ukraina terus menahan serangan Rusia terhadap kota Avdiivka dan Maryinka, kata juru bicara Staf Umum Andriy Kovaliov dalam komentar yang disiarkan televisi. Dia mengatakan Ukraina berhasil menghalau semua serangan Rusia di dekat Maryinka.

Di front selatan, Staf Umum mengatakan pasukannya menimbulkan kerugian besar pada musuh di dekat desa Verbove di wilayah Zaporizhzhia.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan medan perang itu dan Rusia belum mengonfirmasi terhadap klaim kemajuan Ukraina tersebut.

Sumber: Reuters
Baca juga: Ukraina klaim rebut kembali wilayah dekat Bakhmut dari Rusia
Baca juga: Ukraina sebut pasukannya bebaskan sejumlah desa dari Rusia
Baca juga: Ukraina klaim kemenangan atas pasukan Rusia di Bakhmut

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023