Pada HACF 2023 kita menampilkan pameran UMKM dan seni, kuliner, peragaan busana, sosialisasi, pertemuan bisnis dan lainnya
Gorontalo (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menggelar Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) sebagai bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja di Kota Gorontalo, Jumat.

Kegiatan dengan tema “Dulo Ito mo Balanja wawu Pasiari de Gorontalo” itu berlangsung pada 15 hingga 17 September 2023 di Grand Palace Convention Center.

Pembukaan HACF dihadiri langsung oleh Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Sekretaris Utama BPS RI Atqo Mardianto, Direktur Departemen UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Elsya Chani.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Dian Nugraha pada kegiatan itu mengatakan Hulonthalo Art and Craft Festival merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (GBBWI).

"Pada HACF 2023 kita menampilkan pameran UMKM dan seni, kuliner, peragaan busana, sosialisasi, pertemuan bisnis dan lainnya," ucap Dian Nugraha.

Dian mengatakan, jumlah partisipan UMKM yang ikut pada pameran UMKM 2023 berjumlah 120 UMKM atau bertambah sebesar 30 persen dari partisipasi pada penyelenggaraan tahun sebelumnya.

"Tidak hanya itu, rangkaian harvesting GBBI-GBBWI dan HACF kali ini juga menghadirkan bintang tamu nasional dan lokal," kata dia.

Diharapkan GBBI-GBBWI itu dapat membantu pengembangan dan meningkatkan omzet UMKM untuk mendukung pariwisata dan industri kreatif baik itu fesyen, kerajinan, dan olahan pangan yang memiliki nilai tambah tinggi dan
berpotensi ekspor.

Pada HACF 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Badan Pusat Statistik, Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan Dekranasda Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Gobel: HACF berikan semangat UMKM bersaing di pasar global

Baca juga: Sandiaga Uno dukung program digitalisasi UMKM Bank Indonesia

Seorang model tampil pada peragaan busana Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) di Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (15/9/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023