Gorontalo (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menilai Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) dapat memberikan semangat para pelaku UMKM untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar global.

Hal tersebut disampaikan Gobel usai Hulonthalo Art and Craft Festival yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Tentu saja, kata Gobel, tidak sekadar bisa ditampilkan di ajang pameran, tetapi bagaimana produk-produk UMKM itu bisa menjadi produk global.

"Indonesia punya momentum sekarang ini, bagaimana menjadikan produk dari desa kita menjadi produk global," ucap wakil rakyat dari Partai NasDem itu.

Menurutnya, Presiden Republik Indonesia memiliki perhatian yang luar biasa karena UMKM, sektor pertanian, kelautan, dan lainnya merupakan pondasi ekonomi.

"Bagaimana hasil Bumi yang kita miliki ini bisa menjadi nilai tambah yang bisa memenuhi kebutuhan kita dan dunia," katanya.

Misalnya, sektor pangan, bagaimana tanah Indonesia yang luas dapat menghasilkan pangan dengan memanfaatkan teknologi pascapanen sehingga bisa memiliki nilai tambah tinggi.

Pada pelaksanaan HACF 2022, Bank Indonesia Gorontalo berkolaborasi dan bersinergi bersama Dinas Pariwisata Provinsi, Diskumperindag Provinsi, Dekranasda Provinsi, Pemerintah Kota Gorontalo, NSLIC, Kadin, dan Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Teknik UNG menghadirkan serangkaian kegiatan.

Misalnya, pameran produk unggulan UMKM, business matching pembiayaan dan penjualan, peningkatan kapasitas UMKM, seminar nasional, fasilitasi QRIS, perlombaan bertema pariwisata dan ekonomi kreatif, edukasi QRIS, dan Cinta Bangga Paham Rupiah, serta hiburan stand-up comedy dari komika papan atas Indonesia.
 
Seorang model mengenakan pakaian karnaval di Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) yang digelar Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo bersama Pemerintah Daerah, NSLIC, KADIN dan Perguruan Tinggi di Grand Palace Convention Center (GPCC) di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (13/7/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022