Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menampilkan miniatur bunga sakura pada area stan flora dan fauna (Flona) Kepulauan Seribu di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan bunga tersebut dihadirkan berkaitan dengan cerita yang berkembang di masyarakat Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

"Kami menghadirkan miniatur bunga sakura lengkap dengan pasir putih dan akuarium ikan hias pada stan Flona Kepulauan Seribu di Lapangan Banteng," kata Junaedi di Jakarta, Jumat.

Junaedi menjelaskan, Flona merupakan kegiatan tahunan di mana masing-masing wilayah menampilkan potensi yang ada untuk dipromosikan kepada masyarakat luas.

"Stan Kepulauan Seribu mempunyai ciri khas sendiri berbeda dengan yang ada di daratan," kata Junaedi.

Junaedi menambahkan, selain itu di stan Kepulauan Seribu juga terdapat maskot DKI Jakarta elang bondol, miniatur kapal, pohon mangrove, pohon sawo dan pisang belanda.

"Berbagai lampu hias warna-warni juga dipasang di batang tanaman dan pohon, di sudut-sudut serta di Bunga Sakura agar lebih indah pada malam hari," ujarnya.

Junaedi menambahkan, akan membuat jadwal kunjungan bagi aparatur sipil negara (ASN) tingkat kelurahan, kecamatan maupun kabupaten untuk meramaikan stan Kepulauan Seribu di lapangan Banteng.

"Kami pun mengundang masyarakat dan 180 mahasiswa pulau untuk datang ke stan Kepulauan Seribu sekaligus mengedukasi untuk menjaga kelestarian alam," kata Junaedi pula.

Tercatat, pameran Flora dan Faona (Flona) 2023 digelar mulai 15 September hingga 16 Oktober 2023 mendatang di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dan dibuka langsung oleh Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Baca juga: DKI resmikan Pameran Flona 2023 persiapan Jakarta menuju kota hijau

Baca juga: Dinas Kehutanan DKI gelar Flona 2019 dukung Ingub 66/2019

Baca juga: Beragam acara hiburan sambut HUT Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023