Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus menggiatkan penyebaran paket sembako murah melalui operasi pasar murah untuk masyarakat sebanyak 2.000 paket.

Sekretaris DPKUKMP Palangka Raya Hadriansyah di Palangka Raya, Sabtu, menuturkan dalam bulan ini sudah ada beberapa kali menggelar operasi pasar murah yang tujuannya untuk membantu masyarakat.

"Total paket yang di sebar pada bulan ini ada 2.000 paket, namun sudah berjalan operasi pasar murah itu beberapa kali yang dilaksanakan di kelurahan yang ada di kota setempat," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kota Palangka Raya mengalami kenaikan. Dengan kondisi itu maka operasi pasar murah akan terus digiatkan, sehingga dapat menekan inflasi di daerah setempat.

Baca juga: Wali Kota Medan meluncurkan mobil pasar murah di HUT Kemerdekaan RI

"Pada intinya operasi pasar murah ini juga membantu ketahanan pangan keluarga, meski harga sejumlah komoditas di pasaran mengalami kenaikan harga namun daya beli masyarakat tetap stabil," bebernya.

Untuk paket sembako yang dijual pada operasi pasar murah untuk masyarakat itu berisi lima kilogram beras, gula satu kilogram dan minyak goreng dua liter dengan harga Rp100 ribu per paket.

Namun apabila harga normal di pasaran sebesar Rp150 ribu per paket, tetapi dalam kegiatan tersebut instansi terkait memberikan subsidi sebesar Rp50 ribu per paketnya.

"Dalam waktu dekat ini kami menggelar kegiatan serupa lagi di kelurahan, namun akan kami berikan kabar kepada rekan-rekan media lokasi dan tempatnya apabila sudah fiks lokasi yang akan dilaksanakan kegiatan tersebut," demikian Hadriansyah.

Baca juga: Pemprov Papua gelar pasar murah di perbatasan meriahkan HUT Ke-78 RI

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023