Akibat banjir yang terjadi pasokan pangan dari provinsi tetangga sama sekali tidak terganggu dan harga pangan stabil di Palangka Raya.
Palangka Raya (ANTARA) - Harga bahan pangan di pasar Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) stabil, meskipun ruas Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan daerah setempat dan provinsi tetangga dilanda banjir.

Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Hadriansyah, di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa harga pangan di Pasar Besar Palangka Raya masih tetap stabil.

"Akibat banjir yang terjadi pasokan pangan dari provinsi tetangga sama sekali tidak terganggu dan harga pangan stabil di Palangka Raya," kata Hadriansyah.

Ia menuturkan, sejumlah komoditas di pasar besar pada hari ini yang mengalami penurunan harga, yakni cabai. Cabai yang mengalami penurunan harga yaitu cabai merah keriting dari Rp92 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram.

Kemudian cabai biasa dari harga Rp92 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram, cabai rawit hijau semula Rp50 ribu per kilogram kini menjadi Rp40 ribu per kilogram.

"Sedangkan cabai rawit merah dari harga Rp92 ribu per kilogram turun menjadi harga Rp70 ribu per kilogram," ujar Hadriansyah yang akrab disapa Adaw.

Mantan Kabid Perdagangan di DPKUKMP Kota Palangka Raya tersebut menambahkan, untuk harga daging ayam broiler mengalami kenaikan semula dari harga Rp38 ribu per kilogram, kini berada di angka Rp40 ribu per kilogram.

Dari kenaikan harga ayam broiler tersebut adalah kenaikan yang wajar, yakni naik sebesar Rp2 ribu dan tidak terlalu signifikan kenaikannya.

"Kenaikan harga daging ayam broiler tersebut tentunya karena permintaan yang cukup tinggi di bulan Ramadhan ini, untuk kebutuhan berbuka puasa serta lain sebagainya," katanya pula.

Hadriansyah juga menegaskan bahwa pihaknya dalam seminggu selalu melakukan pengawasan terhadap pergerakan harga bahan pangan di pasar-pasar yang ada di daerah setempat.

"Pengawasan tersebut dilaksanakan untuk mengetahui harga bahan pangan, sehingga ketika ada mengalami kenaikan tentunya kami akan mengambil tindakan dengan melaksanakan pasar murah di sejumlah tempat di daerah setempat," demikian Hadriansyah.
Baca juga: Gubernur Kalteng sebut kenaikan harga pangan di Sampit terkendali
Baca juga: Harga cabai di Kalteng cenderung mengalami penurunan

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024