Sungailiat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung bersama perusahaan daerah air minum wilayah itu fokus membantu penyaluran air bersih bagi warga terdampak kemarau.

"Saat ini kami fokus menyalurkan ribuan ton air bersih untuk warga yang mengalami kesulitan mendapatkan kebutuhan air bersih," kata Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa, dalam keterangan, Sabtu.

Dia mengatakan berdasarkan data di lapangan diketahui terdapat 14 titik kekeringan air bersih di Kota Pangkalpinang sedangkan di Kota Sungailiat Bangka dan Kabupaten Belitung tercacat ribuan warga membutuhkan suplai air bersih.

Mikron Antariksa menyatakan status wilayah Bangka Belitung sudah dalam siaga darurat kekeringan karena kekurangan persediaan air bersih hampir merata di tujuh kabupaten dan kota di Bangka Belitung.

Baca juga: Kekeringan meluas, warga Kota Sukabumi gelar Shalat Istisqa

Baca juga: Jumlah warga terdampak kekeringan di Purbalingga bertambah


"Kami sudah membentuk tim satuan tugas kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan guna mengatasi dampak musim kemarau yang terjadi sekarang," kata dia.

Dia mengatakan, tim satgas siaga penuh di lapangan untuk menginventarisir setiap masyarakat di daerah yang membutuhkan air bersih.

"Pendistribusian air bersih masih belum menyasar ke dunia usaha, namun masih difokuskan untuk kepentingan air bersih rumah tangga," kata Mikron.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat hebat dalam penggunaan air bersih serta bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan guna mencegah ancaman kebakaran hutan dan lahan.

"Jangan membakar sampah sembarangan termasuk membuang puntung rokok di kawasan hutan karena dapat mengakibatkan api meluas ke area yang lain," ujar dia.

Bagi masyarakat yang mengetahui ada kebakaran hutan atau lahan, hendaknya segera melapor ke pemerintah desa terdekat atau langsung ke BPBD di daerah masing-masing.*

Baca juga: BPBD: Kerugian akibat bencana di Kota Sukabumi mencapai Rp4,67 miliar

Baca juga: BPBD Banjarnegara salurkan 1.115.900 liter air ke daerah kekeringan

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023