OKI, Sumsel (ANTARA) - Satuan tugas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menambah posko siaga di titik rawan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan.

"Kepada seluruh jajaran agar bekerja dengan totalitas dalam menangani masalah karhutla, salah satunya dengan menambah posko-posko siaga," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat meninjau karhutla di wilayah Kecamatan Pedamaran OKI, Sabtu.

Dalam penanganan karhutla, ia menegaskan agar tidak bekerja sendiri-sendiri, namun dilakukan secara kolektif agar kasus Karhutla dapat diselesaikan dengan baik

"Kuatkan kerja sama dengan pemerintah daerah, BPBD, BMKG, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan perusahaan," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumsel gelar salat minta hujan atasi karhutla 

Baca juga: Satgas Karhutla Sumsel berjibaku padamkan karhutla dekat Tol Palindra

Sebelumnya, saat melakukan pemantau titik api melalui udara. Kapolda Sumsel itu menemukan sejumlah kebakaran lahan antara lain, di Desa Jungkal Kecamatan Pampangan, Desa. Sukadamai Kecamatan Pedamaran, Kelurahan Kedaton Kayuagung dan Desa Jerambah Rengas Kecamatan Tulung Selapan.

Sementara itu, Bupati OKI Iskandar mengatakan Pemkab OKI sebelumnya telah menaikkan status penanganan karhutla dari siaga menjadi tanggap darurat.

"Peningkatan status ini agar penanganan karhutla dilakukan secara maksimal dari segala lini baik dari upaya pencegahan, penanganan di lapangan maupun dari segi pendanaan," ujarnya.

Ia mengungkapkan Kabupaten OKI dengan kawasan gambut terluas di Sumsel menjadi tantangan dalam penanganan karhutlah.

"Kawasan yang terbakar ini lahan luar konsesi perusahaan ataupun kawasan hutan dan gambut, sehingga sulit di padamkan. Namun demikian, saat ini telah disepakati 3 sampai dengan 5 km areal konsesi masih menjadi tanggungjawab perusahaan untuk menjaganya," ungkapnya

Selain itu, konsentrasi titik api di OKI saat ini berasal dari lima kecamatan di antara lain, Pampangan, Pangkalanlampam, Areal Sepucuk Kayuagung, Pedamaran dan Tulung Selapan, kata Iskandar.*

Baca juga: BNPB upayakan karhutla Sumsel tak berdampak ke negara tetangga

Baca juga: BNPB salurkan bantuan dana operasional penanganan karhutla di Sumsel

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023