Medan (ANTARA) - Ribuan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) ikut ambil peran bersama 19 juta relawan Indonesia dalam gerakan Hari Bersih-Bersih Sedunia atau World Clean-Up Day (WCD) 2023.

“Relawan Indonesia adalah yang terbesar dengan juta relawan dan Sumut termasuk ambil peran di dalamnya,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumut Yuliani Siregar saat membuka kegiatan WCD Sumut 2023, di Medan, Ahad.

Ia mengatakan ribuan relawan tersebut melaksanakan aksi bersih-bersih di Kompleks Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan, dan jalan-jalan protokol sekitarnya pada Sabtu (16/9).

"WCD 2023 adalah aksi bersih-bersih terbesar di dunia yang diikuti 193 negara dengan jumlah relawan tercatat 24,6 juta relawan," kata Yuliani.

Baca juga: Ribuan relawan pungut sampah peringati WCD 2023 di Aceh Selatan

Yuliani mengatakan kegiatan itu bertujuan sebagai upaya meningkatkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan kelestarian alam.

"Relawan terdiri dari ASN lingkungan Pemprov Sumut, ormas, pelajar, mahasiswa, komunitas, dan masyarakat umum," sebutnya

Kolaborasi kampanye WCD, menurutnya, juga dalam rangka perubahan perilaku, sebagaimana Pemprov Sumut juga telah menerbitkan Instruksi Gubernur tentang Gerakan Sumut Diet Kantong Plastik Sekali Pakai.

"Melalui WCD ini kita bersinergi untuk menularkan budaya bersih-bersih sampah dan menumbuhkannya di dada anak cucu kita, sehingga lingkungan kita makin baik dan asri ke depannya," kata Yuliani Siregar.

Baca juga: Warga Serdang Bedagai-Sumut diajak jaga kelestarian ekosistem sungai
Baca juga: Ubah berkelanjutan, tinggalkan model kumpul-angkut buang sampah
Baca juga: Pemprov Sumut dan Jepang jajaki kerja sama pengolahan sampah

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023