Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara The International Yogyakarta 42K Marathon (TIY42K) masih membuka pendaftaran peserta jelang satu bulan pelaksanaannya pada 8 Oktober.

Direktur Utama Raga Jiwa Mulia Rizky Fransisco mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute yang menarik bagi peserta. Para peserta marathon baik dari dalam maupun luar negeri akan melintasi ikon-ikon dan landmark Yogyakarta yang diharapkan dapat meningkatkan pariwisata.

Selain dari para pelari yang bergabung, diharapkan pula daya tarik pariwisata Yogyakarta juga dapat diraup dari para pelancong yang turut hadir dan menonton langsung ajang tersebut.

“Kami menargetkan lebih dari 2.000 pelari nasional maupun internasional mengikuti acara ini, dan kami mengajak untuk para calon peserta untuk segera daftar karena kuota kami hampir penuh,” kata Rizky dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Adapun TIY42K akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10K, 21K, dan 42K. Titik start dan finis berlokasi di Alun-alun Sewandanan Kadipaten Pakualaman.

“Semoga event sport tourism yang kita selenggarakan di Yogyakarta ini dapat menjadi bentuk dukungan pariwisata dan menciptakan event olahraga yang berkelanjutan di Yogyakarta,” kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung menambahkan.

Lebih lanjut, penyelenggara juga menyiapkan race pack dan hadiah dengan nilai total Rp300 juta, serta kategori master bagi yang berusia di atas 40 dan 50 tahun bagi pelari yang akan mengikuti TIY42K.

Menuju hari penyelenggaraan TIY42K, akan diselenggarakan dua agenda pre-event di Yogyakarta dan Jakarta. Program pre-event ini dimulai di Menara Kopi, Yogyakarta pada tanggal 16 September 2023 yang melibatkan puluhan pelari.

Program ini menjadi agenda pemanasan para pelari dan juga pemberian pelatihan oleh Matias Ibo selaku Coach Program dan Andre Caprina sebagai Coach Pacer.

Pendaftaran TIY42K masih dibuka melalui situs resmi https://tiy42kmarathon.com/registration dengan biaya registrasi terbagi dari dua kategori, yakni WNI dan WNA, dengan beberapa nomor marathon yang bisa dipilih yaitu 42K, half marathon, dan 10K.

Baca juga: Marathon TIY 42K akan melintasi ikon-ikon kota Yogyakarta
Baca juga: Lari marathon 42K digelar peringati hari jadi Yogyakarta ke-267


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023