Untuk menjamin keamanan, fasilitas juga dilengkapi kemampuan firewall untuk mencegah ancaman yang tidak diketahui, melihat dan mengamankan semuanya termasuk IoT dan mengurangi kesalahan dengan rekomendasi kebijakan otomatis
Semarang (ANTARA) - Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendapat kepercayaan dari Kementerian PANRB dan Kemendikbudristek menjadi koordinator seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 untuk  Jawa Tengah (Jateng).

Direktur Direktorat Umum dan Sumber Daya Manusia (DUSDM) Unnes, Moh Khoiruddin, dalam pernyataannya, di Semarang, Senin, menyampaikan dalam seleksi tersebut terdapat tiga jenis formasi yang dibuka yaitu dosen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), dosen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), dan PPPK tenaga teknis dan tenaga kesehatan.

Unnes, kata dia, dipilih sebagai koordinator CASN PTN karena dinilai memiliki kapasitas dan infrastruktur yang lengkap untuk menyelenggarakan seleksi.

Sebagai koordinator seleksi CASN 2023, lanjutnya, Unnes bertanggung jawab menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan seleksi, termasuk di luar ruang seleksi, sejak penerimaan peserta, hingga kepulangan kepulangan peserta.

Baca juga: Kementerian PAN RB gandeng Unnes lakukan uji publik RUU ASN

Dengan tanggung jawab tersebut, Unnes akan menjadi tempat seleksi bagi seluruh formasi seleksi dosen, tenaga kependidikan, dan tenaga kesehatan, untuk seluruh PTN di Jateng dan LLDikti Wilayah VI.

Sementara itu Direktur Sistem Informasi dan Humas Unnes, Mona Subagja, menambahkan perguruan tinggi tersebut memiliki Unnes Digital Center (UDC) yang selama ini digunakan untuk tes berbasis komputer (CAT) berbagai instansi.

Kapasitas komputer yang dimiliki Unnes, kata dia, relatif besar yaitu 875 unit yang terdapat di gedung tersendiri, didukung dengan bandwidth berkapasitas 5,5 Gps.

"Untuk menjamin keamanan, fasilitas juga dilengkapi kemampuan firewall untuk mencegah ancaman yang tidak diketahui, melihat dan mengamankan semuanya termasuk IoT dan mengurangi kesalahan dengan rekomendasi kebijakan otomatis," katanya.

Kelengkapan itulah, kata dia, membuat Unnes dipercaya menjadi mitra bagi berbagai instansi pemerintah dan pemerintah daerah (pemda).

Untuk seleksi pengadaan CPNS, rencananya dimulai pada September 2023, diawali dengan pengumuman seleksi.

Baca juga: Survei Unnes: 94,5 persen responden puas dengan seleksi Akpol 2023

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023