Semarang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof S Martono mengingatkan para lulusan perguruan tinggi itu bisa mengaktualisasikan ilmu yang didapat di kampus dalam kehidupan di masyarakat.

"Setelah saudara diwisuda, saudara (lulusan) akan memiliki gelar baru sebagai diploma, sarjana, magister, dan doktor," katanya saat memimpin Wisuda Ke-119 Unnes di Semarang, Selasa.

Dengan gelar itu, kata dia, menunjukkan sebagai orang terdidik yang memiliki tanggung jawab besar di masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari selama di perguruan tinggi.

Baca juga: Rektor: Lulusan Unnes harus jadi kader konservasi andal

"Tanggung jawab itu menuntut untuk berpikir, berucap dan bertindak benar sesuai dengan keyakinan dan norma-norma yang berlaku dan sesuai dengan ilmu yang dipelajari," katanya.

Martono mengapresiasi terhadap para lulusan Unnes dan berharap mereka semua bisa berkontribusi nyata kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan yang berdampak terhadap kehidupan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes, Prof Zaenuri menyebutkan bahwa Unnes mewisuda sebanyak 986 lulusan dari sembilan fakultas dan satu program pascasarjana.

"Wisuda ke-119 ini diikuti oleh 986 lulusan, terdiri atas 10 lulusan program doktor, 92 lulusan program magister, 880 lulusan program sarjana, dan empat lulusan program diploma," kata Guru Besar FMIPA UNNES itu.

Baca juga: Unnes sediakan kuota 11.300 mahasiswa baru pada 2024

Baca juga: Peneliti Unnes: Akun anomim pengaruhi kesantunan berbahasa di medsos


Unnes, kata dia, terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, serta tidak hanya mengutamakan aspek akademik, tetapi juga pembentukan karakter dan kepribadian yang tangguh.

"Kami juga mengajak para lulusan untuk terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan masyarakat. Alumni Unnes diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024