Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan berpidato pada rapat kerja nasional (rakernas) partai tersebut.

"Pidato Bu Mega akan dilakukan. Demikian pula Bapak Presiden Jokowi, dilakukan di Kemayoran," kata Hasto saat ditemui di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa.

Selain pidato Megawati dan Jokowi, Hasto juga mengisyaratkan PDI Perjuangan akan mengundang bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

"Ya (mengundang bakal cawapres), satu-satu," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa Rakernas PDI Perjuangan dilakukan selama tiga hari, yakni mulai Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10). Pada hari pertama, PDI Perjuangan akan membahas masalah pangan.

Dijelaskan Hasto, isu pangan menjadi fokus pembahasan rakernas hari pertama PDI Perjuangan karena pihaknya ingin mendorong paradigma agar kesejahteraan petani dan kebijakan politik pangan menjadi terintegrasi.

"Kalau Jumat itu menunjukkan perhatian utama PDIP dan calon presiden terhadap masalah pangan karena pangan terbukti menjadi lambang supremasi negara di dunia internasional," imbuhnya.

Kemudian, rakernas hari kedua fokus kepada pembekalan calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan.

"Pada hari kedua rakernas berfokus pada pembekalan caleg, termasuk spirit antikorupsi," kata dia.

Pada hari terakhir, rakernas tersebut akan membahas Pemilu Presiden 2024. Terkait hal ini, Hasto tidak dapat memastikan apakah sosok bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo akan diumumkan.

"Pada hari ketiga, itu (fokus) pada pemenangan pemilu Pak Ganjar Pranowo. Apakah mau diumumkan atau tidak (bakal cawapres), nanti menunggu dari Ibu Megawati Soekarnoputri," katanya.

Baca juga: PDIP: komunikasi dengan Ridwan Kamil tetap jalan
Baca juga: PDIP: Ganjar ingin generasi muda jadi tuan di negeri sendiri

 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023