Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Ma'ruf Amin tiba di Tanah Air, Selasa malam, setelah melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja ke tiga kota di Tiongkok selama enam hari.

Sebelumnya, saat keberangkatan di Bandara Internasional Shanghai Pudong, Wapres dan rombongan dilepas oleh Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun beserta istri Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, Deputy Director General of FAO Shanghai Liu Guangyong, Acting Konsul Jenderal RI Shanghai Faramela, dan Atase Pertahanan (Athan) RI Beijing Brigjen TNI Mar. Benny Poltak Nadeak beserta istri Desy Sulastri Tampubolon.

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, usai menempuh penerbangan sekitar 5 jam 46 menit dari Shanghai, Pesawat Garuda Indonesia (GIA-2) yang ditumpangi Wapres dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta pada pukul 19.10 WIB.

Turut menyambut kedatangan Wapres, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar beserta segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten.

Baca juga: Wapres yakin investor China sambut kemudahan investasi dari Indonesia

Baca juga: Pertemuan dengan Wali Kota Shanghai jadi penutup kunjungan Wapres


Selanjutnya, Wapres dan istri Wury Ma’ruf Amin langsung beranjak ke kediaman resmi untuk beristirahat dan persiapan agenda kenegaraan berikutnya.

Sebagaimana diketahui, Wapres dan Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke tiga kota di Tiongkok yakni Fuzhou, Nanning, dan Shanghai sejak Kamis (14/9).

Pada kunjungannya ini, selain menghadiri dan menyampaikan pidato pada Pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20 dan China-ASEAN Business Investment Summit (CABIS) ke-20, Wapres juga melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi Tiongkok, termasuk Perdana Menteri Li Qiang.

Selain itu, Wapres juga bertemu dengan para pengusaha besar Tiongkok untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia-Tiongkok, khususnya pada industri produk halal.

Ikut mendampingi Wapres selama kunjungan, di antaranya Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika; Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara, Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto; Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto; Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati; Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi, dan Satya Arinanto; serta TIm Ahli Wapres Nurdin Tampubolon, Johan Tedja Surya, Farhat Brachma, dan Iggi Haruman Achsien.

Baca juga: Wapres minta mahasiswa RI di Shanghai tidak keterusan di luar negeri

Baca juga: Wapres Ma'ruf ke diaspora Shanghai: Ayo ikut pemilu

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin kagumi Masjid Pudong Shanghai

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023