Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur menggelar vaksinasi rabies di pemukiman warga RT 013/RW 09, Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Selasa, untuk menyambut Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) pada 28 September 2023.
 
Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur Ali Nurdin mengatakan, kegiatan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan warga itu digelar hingga Rabu (27/9).
 
Rencananya, setelah di Kelurahan Pekayon, layanan serupa diadakan di pemukiman warga Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, pada Selasa (26/9).

Sedangkan pada Rabu (27/9), Sudin KPKP akan menggelar layanan dengan sistem "drive thru" di halaman kantor Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim).
 
"Dalam layanan ini, kami juga berikan bantuan pakan hewan kepada warga pemilik kucing dan anjing serta sertifikat vaksin," kata Ali.

Baca juga: Kematian 21 kucing di Jakarta Utara dipastikan bukan akibat rabies
Baca juga: Pemprov DKI diminta awasi jalur masuk hewan berpotensi tularkan rabies
 
Dalam kegiatan vaksinasi itu, Sudin KPKP menyiapkan 300 dosis vaksin. Pada layanan "jemput bola" ini tercatat ada 75 hewan penular rabies (HPR) milik warga yang divaksin, terdiri dari 62 ekor kucing, 12 anjing dan satu kera.
 
"Kami juga mengobati dan memberi vitamin kepada 17 kucing yang terdiagnosa sakit," katanya.
 
Camat Pasar Rebo Mujiono mengucapkan terima kasih pada jajaran Sudin KPKP Jakarta Timur yang telah memberikan layanan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan warga.
 
"Ini sangat membantu dalam mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayah Pasar Rebo," katanya.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023