Pada kegiatan vaksin rabies hari ini menargetkan sebanyak 200 hewan peliharaan ikut serta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur menggelar vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan dengan cara langsung dari kendaraan (drive thru) di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Timur, untuk memperingati Hari Rabies Dunia.

Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Timur Kusmanto mengatakan selain  memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada Kamis (28/9), kegiatan itu juga dalam rangka mempertahankan status bebas rabies di Jakarta Timur.

"Kami beri kesempatan kepada warga untuk membawa hewan peliharaannya untuk disuntik vaksin rabies karena saya yakin banyak warga yang memelihara hewan baik itu anjing maupun kucing," ujar Kusmanto di Jakarta, Rabu.

Pada kegiatan vaksin rabies hari ini menargetkan sebanyak 200 hewan peliharaan ikut serta, kata Kusmanto.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur Ali Nurdin menambahkan kegiatan itu dalam rangka memperingati World Rabies Day (WRD) atau Hari Rabies Sedunia 2023.

"Kita berusaha agar tidak ada hewan peliharaan yang terkena rabies. Hingga saat ini di Jakarta Timur tidak ada hewan yang terkena rabies karena kita ditarget oleh Pemprov DKI supaya mengupayakan nol atau bebas rabies," kata Ali.

Menurut dia, wilayah DKI Jakarta sudah bebas rabies sejak 2004. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mempertahankan agar Jakarta bebas rabies.

Salah satu warga, Tami (29) mengaku merasa terbantu dengan adanya program vaksin rabies gratis bagi hewan peliharaannya berupa anjing.

Dia berharap ke depannya agenda serupa dapat berlangsung kembali dengan titik pelayanan yang lebih banyak.
Baca juga: Sambut "World Rabies Day", Jaktim gelar vaksinasi rabies
Baca juga: Kematian 21 kucing di Jakarta Utara dipastikan bukan akibat rabies
Baca juga: Pemprov DKI diminta awasi jalur masuk hewan berpotensi tularkan rabies

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023