Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-24 Indra Sjafri berterima kasih kepada para pelatih di Liga 1, yang telah memberikan para pemainnya dan membuat para pemain dapat tampil bagus pada pertandingan pertama Grup F Asian Games melawan Kirgistan, Selasa.

Pada pertandingan yang dimainkan di lapangan sepak bola Universitas Zhejiang, Hangzhou, tersebut, timnas menang 2-0 berkat gol di babak kedua yang dibukukan Ramai Rumakiek dan Hugo Samir.

Kemenangan tersebut juga mengantarkan tim Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup F, bersama Korea Utara yang sama-sama memiliki tiga poin serta menorehkan kemenangan dengan marjin yang sama saat melawan Taiwan.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pelatih-pelatih klub, yang pemainnya kita bawa ke Asian Games. Karena berkat mereka, pemain-pemain yang kami pilih menandakan mereka adalah pemain-pemain yang terlatih dengan baik di klub dan kompetisi yang kami lakukan di dalam negeri, kualitasnya menandakan semakin lama semakin baik," kata Pelatih Indra seperti dikutip dari rekaman audio konferensi pers setelah pertandingan yang diterima pewarta.

Baca juga: Indonesia pukul Kirgistan 2-0 pada laga pembukaan Grup F Asian Games

Ia menambahkan bahwa tim yang dipersiapkannya itu tidak menjalani pemusatan latihan dan langsung berkumpul di China. Sehingga dapat dikatakan bahwa persiapannya cukup mepet untuk dapat bertarung di Asian Games 2022.

Kemudahan mendapatkan pemain-pemain dari klub-klub Liga 1 itu pantas disuarakan pelatih Indra, sebab pada ajang sebelumnya yakni Kualifikasi Piala Asia U-23, sejumlah klub keberatan melepas pemainnya dengan alasan tenaga sang pemain masih dibutuhkan di ajang liga domestik.

Pelatih Indra juga mengakui bahwa pertandingan pertama dalam setiap turnamen selalu sulit bagi tim peserta. Namun setelah melihat gaya bermain Kirgistan pada babak kedua, ia mengganti taktik dan berbuah dua gol penentu kemenangan.

"Di babak kedua kami melakukan taktik yang tepat di mana kami menyadari Kirgistan ingin bermain agresif di babak kedua dan kami melakukan bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik," ucap pelatih yang juga sukses membawa timnas Indonesia memenangi medali emas SEA Games 2023 itu.

Baca juga: Erick Thohir minta para pemain timnas U-24 pelihara tradisi kemenangan
Baca juga: Ujian perdana timnas U-24 tanpa Ramadhan Sananta saat lawan Kirgistan


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023