Jakarta (ANTARA) - Mantan koki perusahaan McDonald's, Mike Haracz yang sering berbagi informasi orang dalam dan tips tentang gerai tersebut di TikTok (@chefmikeharacz), baru saja mengungkapkan beberapa rahasia tentang proses di balik burger dan kentang goreng McDonald's yang terkenal.

Dalam dua video terbaru yang telah ditonton lebih dari 50 ribu kali, dia memberikan informasi kepada penggemar tentang bahan-bahan yang digunakan McDonald's untuk menu klasik tersebut dan cara memasaknya.

Berikut rangkuman lima fakta menarik yang baru saja diungkapkan Haracz, seperti dilaporkan Eatthis pada Selasa (19/9) waktu setempat 

Baca juga: McDonald's Indonesia luncurkan kembali menu "Taste of Japan"

1. “Patty” burger 100 persen daging sapi.

Haracz mendapat akses khusus ke fasilitas tempat McDonald's memproduksi “patty” atau daging burgernya ketika dia bekerja sebagai koki perusahaan di jaringan tersebut.

Jadi, dia tahu persis apa yang boleh dan tidak boleh dimasukkan ke dalam roti daging sapi yang disajikan kepada pelanggan di seluruh negeri.

“Jadi ini rahasianya, ini hanya daging sapi, 100 persen terbuat dari daging sapi,” ujarnya.

Ini berarti sama sekali tidak ada bahan pengisi, bahan tambahan, atau pengawet yang dimasukkan ke dalam daging burger McDonald's. Restoran cepat saji tersebut biasanya menggunakan potongan sapi bagian chuck, round, dan sirloin.

2. Bumbu burger sederhana

Bumbu McDonald's untuk daging burgernya bukanlah campuran bumbu yang rumit, melainkan hanya dua bahan pokok dapur. Menurut situs Haracz dan McDonald's, burger tersebut dimasak dan disiapkan hanya dengan tambahan garam dan merica.

“Ini hanya daging sapi dengan garam dan merica,” kata Haracz.

3. Kentang goreng dari kentang utuh asli.

Haracz membantah kecurigaan bahwa kentang goreng McDonald's dicampur menjadi pasta dan kemudian dipotong menjadi bentuk gorengan.

Sebaliknya, tidak hanya daging burger, dia mengatakan rantai tersebut juga menggunakan kentang utuh asli, dan lebih menyukai varietas seperti Russet Burbank yang dapat menghasilkan kentang goreng yang enak dan panjang.

Pekerja pabrik akan mencuci, mengukus, mengupas, dan menyortir kentang, ditambah lagi mereka akan menghilangkan bintik-bintik coklat atau area yang tidak memenuhi standar mereka.

4. Memotong kentang melibatkan “meriam”

Salah satu rahasia paling mencolok yang diungkapkan Haracz tentang kentang goreng McDonald's adalah bahwa proses pemotongan dan penyortiran melibatkan penembakan kentang dari alat seperti meriam.

Dia mengatakan kentang tersebut ditembakkan dengan kecepatan yang sangat tinggi melalui alat seperti pipa yang memotong kentang menjadi bentuk gorengan.

Setelah itu, kentang yang dipotong juga “ditembakkan ke udara” dan diperiksa apakah ada ketidaksempurnaan. Semburan udara akan memisahkan kentang goreng yang cacat, sementara sisanya akan terus melanjutkan prosesnya.

5. Memasak kentang goreng McDonald's adalah proses yang panjang

Menggoreng adalah metode paling dasar untuk menyiapkan kentang goreng, tetapi di McDonald's, memasak kentang emas memerlukan beberapa langkah.

Setelah dipotong dan disortir, kentang goreng tersebut direbus dalam air, dikeringkan, digoreng, didinginkan, dibekukan, dan kemudian dikirim ke seluruh cabang. Di sana, mereka akan mandi lagi dalam penggorengan dan sedikit taburan garam sebelum siap untuk makan.

Baca juga: McDonald's Indonesia hadirkan Squishmallows untuk paket Happy Meal

Baca juga: McDonald's kembali hadirkan menu cita rasa lokal sambut 17 Agustus

Baca juga: Kembalikan nostalgia, McDonald's resmikan gerai Thamrin Jaya


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023