beberapa koleksi yang ditemukan masih cukup utuh dan langsung dapat diidentifikasi
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Museum dan Cagar Budaya (MCB) Ahmad Mahendra menyatakan pihaknya memprioritaskan pemulihan koleksi benda-benda bersejarah pascakebakaran yang menimpa Gedung A pada Sabtu (16/9) malam.

“Kami saat ini dalam proses melakukan identifikasi, analisis tingkat kerusakan, pembersihan dan penanganan konservasi tahap awal,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Tim Pengelolaan Koleksi serta Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang tergabung dalam Tim Khusus Penanganan Unit Museum Nasional Indonesia (MNI) melakukan proses inventarisasi dan pendataan koleksi benda bersejarah yang terdampak.

Mahendra menuturkan ratusan koleksi benda bersejarah telah berhasil dievakuasi ke tempat penyimpanan sementara dan diteliti tingkat kerusakan yang dialami.

Dari benda bersejarah yang terdampak, koleksi yang sudah berhasil dievakuasi dan diteliti pada Selasa (19/9) merupakan koleksi dari Galeri Perunggu.

"Beberapa koleksi yang ditemukan masih cukup utuh dan langsung dapat diidentifikasi,” ujarnya.

Baca juga: Legislator minta pemerintah usut penyebab kebakaran Museum Nasional
Baca juga: Polisi dalami sistem keamanan dan kelistrikan di Museum Nasional


Dalam rangka pemulihan, Tim Khusus Penanganan Unit Museum Nasional Indonesia (MNI) akan bekerja sama dan melibatkan para ahli konservator, arkeolog, antropolog, budaya, sejarah, kurator, dan akademisi untuk menyusun perencanaan pemulihan MNI ke depan.

Perhatian utama kerja sama ini juga ditujukan untuk peningkatan sistem keamanan dan pengamanan koleksi benda bersejarah yang berada di seluruh museum dan cagar budaya di Indonesia.

Tim khusus pun membuka komunikasi dengan berbagai pihak untuk menjalankan pemulihan termasuk dengan mitra dari luar negeri seperti Pemerintah Prancis seiring pengalaman para ahlinya dalam menangani pemulihan koleksi bersejarah pascakebakaran Notre-Dame di Paris pada 2019.

“Kami juga sudah berdiskusi dengan pemerintah Belanda mengenai berbagai aspek pemulihan, khususnya terkait pembangunan gedung cagar budaya dan manajemen koleksi,” kata Mahendra.

Baca juga: Wapres: Dampak kebakaran Museum Nasional terus diidentifikasi
Baca juga: MCB sebut ada 817 koleksi Museum Nasional yang terdampak kebakaran
Baca juga: Museum Nasional Indonesia sebut banyak koleksi utuh pascakebakaran

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023