Surabaya (ANTARA) - Balap motor cukup banyak diminati kalangan remaja. Mereka ada yang menyalurkan minatnya melalui balapan resmi di sirkuit, tapi  terkadang ada pula yang menyalurkan mintanya dengan melakukan balapan liar atau kebut-kebutan di jalanan.

Balap liar  adalah kegiatan beradu cepat kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, yang dilakukan di atas jalanan umum. Artinya, kegiatan ini sama sekali tidak digelar di lintasan balap resmi, melainkan di jalan raya.

Biasanya adu pamer kemampuan mesin sepeda motor itu dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi hari saat suasana jalan raya sudah mulai lengang.

Balap liar dilakukan di jalan raya karena  tidak adanya fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung kegiatan mereka, seperti tempat untuk kegiatan balap.

Disebut balap liar karena kegiatan itu dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi untuk menghindari larangan dari aparat kepolisian. Larangan yang dimaksud karena melanggar tata tertib lalu lintas.

Selain itu, kondisi fisik sepeda motor tidak seperti kondisi sepeda motor pada umumnya karena beberapa perlengkapan sudah dimodifikasi. Bahkan ada pula kelengkapan kendaraan yang dilepas seperti plat nomor polisi, spion, lampu serta ada juga kerangka sepeda motornya yang telah dipotong.

Balapan liar dinilai sangat mengganggu ketertiban umum, meresahkan atau bahkan dapat membahayakan masyarakat. Balap liar  sangat berisiko terjadi kecelakaan yang mengancam hilangnya nyawa orang. Maka tidak heran, jika aparat kepolisian gencar melakukan razia guna mencegah dampak bahaya akibat dari balap liar tersebut.

Meskipun lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan, aksi balapan liar ini masih terus terjadi. Aparat kepolisian sebagai pengayom masyarakat sudah sering menindak tegas para pelaku balap liar saat melakukan razia.


Faktor pendorong

Balapan liar yang dinilai telah menjadi masalah sosial ini terjadi karena beberapa penyebab. Penyebab itu di antaranya adanya kesenjangan antara keinginan mereka dengan realita. Para remaja  memiliki keinginan untuk menjadi pembalap, akan tetapi fasilitasnya tidak ada. Akhirnya, mereka pun nekat melakukan aksi tersebut tanpa sarana dan alat pengaman yang mendukung demi bisa menyalurkan hobi mereka.

Selain itu, remaja yang tidak bisa mengontrol keinginan untuk mencari jati diri dengan melakukan hal-hal baru seperti balap liar. Remaja ingin menunjukkan dirinya tetap unggul yang diwujudkan dalam balap liar.

Selain itu, keinginan untuk melakukan balapan liar karena pengaruh teman, lingkungan sosial, lingkungan sekolah, ingin menarik perhatian lawan jenis serta tergiur dengan besarnya uang taruhan.

Balapan liar bisa jadi akibat ringannya sanksi yang diberikan terhadap pelaku. Sanksi yang diberikan kepolisian hanya sekadar sanksi tilang karena melanggar lalu lintas dan juga sanksi binaan saja, sehingga remaja yang terlibat balap liar tidak jera.

Menurut ahli psikologi perkembangan, seperti Turner dan Helms (2004), penyebab remaja melakukan balap liar di jalan raya adalah kondisi keluarga yang berantakan (broken home), atau kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Penyebab lainnya, status sosial ekonomi orang tua yang rendah, pengaruh teman sebaya, dan juga penerapan kondisi keluarga yang tidak tepat.

Kesibukan orang tua terhadap pekerjaannya juga membuat para remaja itu mendapatkan kebebasan tanpa pengawasan dan teguran saat melakukan balap luar.

Hal ini bisa dikatakan kurangnya kebersamaan atau komunikasi antara orang tua dan remaja, atau bisa diartikan ungkapan kasih sayang orang tua kepada anaknya lebih banyak dalam bentuk materi dari pada kejiwaan (psikologis).

Akibat tidak mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari orang tua, didukung kurangnya kehidupan beragama serta berada di lingkungan yang rawan atau tidak sehat seperti sering terjadi perkelahian dan pencurian, maka perilaku menyimpang cepat terjadi pada remaja. Tidak hanya soal balapan liar, tapi bisa saja perilaku negatif lainnya.

Tindakan preventif

Untuk memperkecil peluang balap liar di jalan raya, tidak hanya dengan peraturan dan ketegasan dalam penindakan hukum, namun juga harus disertai dengan sosialisasi dan edukasi, serta tindakan preventif.

Tindakan preventif bisa dengan mempersiapkan aparat untuk bertugas pada tempat atau lokasi yang selalu di jadikan area balap. Selain itu, bisa juga dilakukan pemasangan barikade pada waktu-waktu yang rawan terjadi balap liar untuk mempersulit gerakan pelaku.

Tempat-tempat yang dijadikan untuk aktivitas balap liar biasanya merupakan area jalan yang lurus, lebar, luas dan sepi. Ciri-ciri ini identik dengan jalan yang baru saja dibuka, atau jalan yang memiliki penerangan yang bagus.

Persoalan balap liar ini harus disikapi dengan tindakan preventif, terintegrasi antarsemua elemen, edukasi serta sosialisasi dari orang tua dan juga guru. Sebab, kalau hanya mengandalkan tindakan hukum tidak akan bisa selesai.

Balapan liar di jalan raya merupakan kegiatan ilegal sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Sehingga, pengendara yang terlibat bisa dikenakan hukuman sesuai aturan berlaku yaitu pidana hukuman penjara selama 18 bulan atau denda paling banyak Rp1,5 miliar.

Menyikapi fenomena balapan liar pihak kepolisian sebaiknya tidak mengedepankan penindakan tegas, melainkan berupaya memfasilitasi mereka dengan menggelar ajang lomba road race, street race, drag race dan lainnya.

Hal ini setidaknya akan memberikan wadah baru bagi para pembalap untuk tidak memacu kendaraan seenaknya. Sebab, jika mereka menggunakan jalan yang sifatnya umum untuk balapan, tentu sangat berisiko mencelakai diri dan orang lain.

Sirkuit

Solusi lain untuk menekan aksi balap liar di ruas jalan raya adalah dengan menyediakan sirkuit permanen guna menyalurkan bakat dan hobi anak muda pecinta balap. Sirkuit itu berupa suatu arena yang berada di area tertutup, jauh dari aktifitas publik untuk digunakan tempat latihan balap motor.

Untuk itu, pemerintah daerah (Pemda) harus memberikan fasilitas kepada para pecinta balap motor itu. Dengan harapan, potensi yang mereka miliki jika ditekuni dengan baik maka akan bisa melahirkan pembalap daerah yang berprestasi.

Tak hanya itu, keberadaan sirkuit permanen juga memiliki dampak bagi pendapatan asli daerah (PAD). Kegiatan yang digelar secara resmi menguntungkan dari sisi PAD dan menggerakkan ekonomi masyarakat setempat khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Selain Jakarta, kota-kota lainnya di Indonesia juga sudah menyediakan sirkuit. Seperti sirkuit di area Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jawa Timur. Tujuan dibangunnya sirkuit itu untuk mewadahi anak-anak yang suka balap liar.

Namun demikian, sirkuit yang dibangun sejak era Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tersebut perlu dioptimalkan lagi menyusul masih maraknya balapan liar di kalangan remaja.
Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya melakukan penyergapan balap liar yang telah meresahkan masyarakat. Selain pelakunya ditilang, ratusan unit kendaraan yang digunakan aksi balap liar disita karena dimodifikasi yang tidak sesuai dengan standar keselamatan lalu lintas. (ANTARA/Hanif Nasrullah)

Seperti halnya dalam Operasi Zebra Semeru 2023, petugas kepolisian berhasil mengamankan para remaja melakukan balapan liar di Jalan Ahmad Yani dan Adityawarman pada Minggu dini hari, 17 September 2023,  berikut 110 sepeda motor yang digunakan.

Lebih mencengangkan lagi, sebanyak 50 orang lebih pengendara yang ditindak masih di bawah umur. Penindakan tegas yang dilakukan kepolisian itu untuk menghindarkan pengendara di bawah umur dari kecelakaan fatal.

Keberadaan sirkuit sepanjang 700 meter di GBT sebenarnya sudah digunakan untuk latihan para penggemar olahraga balap motor dan mobil. Bahkan sudah digelar kejuaraan balapan Piala Wali Kota Surabaya bertajuk "Drag Race: Surabaya Racing Project" pada 2019 dan "Surabaya Gas Pol" pada 2022.

Kejuaraan balapan Piala Wali Kota Surabaya yang digelar tiap tahun itu banyak peminatnya karena diikuti oleh ratusan peserta tidak hanya dari Surabaya saja melainkan juga dari daerah-daerah lain di Indonesia.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan ke depan tidak ada lagi balapan liar di jalanan. Sebab, pemda telah mewadahi talenta-talenta muda berbakat untuk menyalurkan bakat balap motor. Dari talenta-talenta itu akan lahir pembalap terbaik yang mengharumkan bangsa dan negara.

Kegiatan balap motor itu bagus. Namun, spiritnya harus diubah dari yang semula sebagai aktivitas yang menimbulkan keramaian bahkan kericuhan di jalanan, menjadi spirit olahraga. Jadi, semangatnya adalah menyalurkan bakat maupun hobi dari para remaja melalui kegiatan yang terarah dan aman. 

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2023