Jakarta (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional (PAN) akan mencoret nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah mendaftar ke PAN namun juga mendaftar di partai lain.

"PAN menurut instruksi Ketua Umum Hatta Rajasa akan mencoret nama-nama bacaleg yang telah mendaftar di PAN tetapi juga mendaftar di partai lain karena melanggar moral dan etika politik," kata Ketua Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Rabu.

Di antara parpol peserta pemilu, PAN menempati parpol yang paling banyak meloloskan bacaleg saat diverifikasi KPU. Mengenai sisa waktu 11 hari untuk melengkapi kekurangan syarat bagi yang belum lolos, PAN merasa mempunyai cukup waktu.

"PAN optimis akan lolos verifikasi dan lolos dengan mudah karena di PAN telah ditangani oleh tim khusus pencalegan yang dipimpin oleh Putrajaya Husein, mantan anggota DPR Fraksi PAN periode 2004 - 2009," kata Viva.

PAN juga memberikan apresiasi terhadap kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melakukan verifikasi bacaleg DPR RI. "Verifikasi KPU tentu didasarkan pada prosedur operasional standar yang telah ditetapkan KPU," katanya.

Apa yang dilakukan KPU, tambah anggota Komisi IV DPR RI itu, diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja KPU .

"Jangan sampai terjadi manipulasi, kecurangan, pentimpangan sehingga menyebabkan konflik politik seperti di pemilu 2009 lalu," kata Viva.

Penerjemah: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013