Jakarta (ANTARA) - Camilan kroket khas Spanyol memiliki tekstur yang renyah di luar, namun, lembut dan lezat di dalam dengan campuran keju bechamel.
 
Berikut langkah membuat kroket dengan keju, ditulis dari laman Guardian, Rabu (20/9).
 
Bahan-bahan:
100 gram daging ham yang diawetkan atau daging asap
½ daun bawang kecil (opsional)
2 sendok makan (sdm) minyak zaitun
60 gram mentega tawar
Garam dan merica
60 gram tepung terigu, sisakan untuk lapisan luar
500 mililiter susu
Biji Pala
2 butir telur
75 gram remah roti kering
25 gram manchego atau keju keras lainnya, parut halus
Minyak zaitun atau minyak netral, untuk menggoreng

Baca juga: Resep hidangan khas Jepang sup miso halal
 
Cara membuat:
1. Meskipun ini adalah kroket ham klasik, jangan ragu untuk menggantinya dengan keju, ayam suwir, tuna, ikan cod asin, udang, chorizo, atau apa pun yang disukai. Pastikan tidak menambahkan sesuatu yang terlalu basah dan sesuaikan bumbunya.
 
2. Langkah awal membuat kroket Spanyol adalah menyiapkan bechamel. Siapkan ham dan goreng daun bawang. Jika menggunakan ham, suwir atau potong dadu halus. Potong dadu halus daun bawang, jika menggunakan. Daun bawang bisa diganti dengan bawang bombai atau bawang merah.
 
Panaskan minyak dan mentega dalam panci berukuran sedang, gunakan api sedang. Saat mentega meleleh, tambahkan daun bawang yang dipotong dadu dan sedikit garam, lalu goreng perlahan selama satu menit hingga mulai melunak.
 
3. Tambahkan sekitar dua pertiga ham ke dalam wajan dan teruskan menumis hingga daun bawang lunak tetapi tidak berubah warna. Kecilkan api sedikit, masukkan tepung sedikit demi sedikit dan goreng perlahan sambil diaduk secara teratur selama beberapa menit lagi. Sementara itu, parut keju jika menggunakannya sebagai pengganti ham.
 
4. Masukkan susu untuk membuat pasta halus, lalu masak selama sekitar 15 menit. Aduk terus hingga saus mengental hingga menjadi seperti bubur kentang yang lengket. Matikan api, lalu masukkan keju, jika menggunakan. Jika tidak, tambahkan sisa ham. Bumbui sesuai selera dengan lada hitam dan sedikit parutan pala.
 
5. Masukkan bechamel yang sudah jadi ke dalam mangkuk, biarkan agak dingin. Biarkan hingga benar-benar dingin setidaknya selama dua jam di lemari es atau hingga padat. Bechamel bisa disimpan hingga tiga hari sebelum dimasak.
 
6. Pecahkan telur ke dalam mangkuk dan kocok. Masukkan remah roti dan keju ke dalam mangkuk lainnya, aduk hingga tercampur.

Ambil sesendok kecil campuran bechamel, yang sudah cukup padat, dan letakkan di atas loyang atau piring. Ulangi dengan sisa bechamel, lalu beri tepung pada tangan dan gulung adonan menjadi bentuk silinder.
 
7. Celupkan setiap kroket secara bergantian ke dalam telur, kibaskan sisa-sisanya, lalu gulingkan ke dalam adonan tepung roti hingga terlapisi. Jika tidak ingin segera menggorengnya, kroket bisa didinginkan atau dibekukan.
 
8. Panaskan minyak goreng. Jika tidak menyajikan kroket setelah siap, lapisi nampan dengan tisu dapur dan masukkan ke dalam oven suhu rendah.
 
9. Goreng kroket secara perlahan hingga berwarna keemasan, balikkan seperlunya. Angkat dan tiriskan sebentar di atas kertas dapur, lalu taburi sedikit garam dan sajikan.

Baca juga: Kenalan dengan kenari maluku yang cocok diolah jadi beragam makanan

Baca juga: Resep membuat kue keju Jepang yang lembut

Baca juga: Resep Chicken Ballotine a la Chef Devina Hermawan

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023