Tiga meter 'urban farming' bisa menekan suhu dua derajat Celcius
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengajak masyarakat di wilayah tersebut memanfaatkan lahan untuk pertanian perkotaan atau "urban farming" dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.
 
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan hal itu saat menggelar panen raya hasil pertanian kota di Rooftop Gedung Parkir Kantor Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim) pada Kamis.
 
Panen raya juga dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jaktim Diah Anwar dan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainnah, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Kota Administrasi Jaktim Kusmanto serta Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jaktim Ali Nurdin.
 
Panen menghasilkan padi sebanyak 10 kilogram (kg), jeruk seberat satu kg, labu dengan berat 15 kg dan kacang mencapai 50 kg.
 
Dari hasil panen itu, Anwar ingin menunjukkan kepada masyarakat manfaat dari pertanian perkotaan dengan pemanfaatan lahan yang tersedia.

Baca juga: Wali Kota Jaktim harap hasil panen raya bantu cegah kasus stunting
Baca juga: Pemkot Jaktim dorong warga menggiatkan pertanian kota
 
Tujuannya untuk ketahanan pangan dan juga menjaga lingkungan dengan penghijauan untuk membantu menurunkan suhu panas.
 
"Saya menunjukkan kepada masyarakat, meskipun terbatas halaman kita masih bisa 'urban farming'," katanya.

Menanam tanaman yang bermanfaat untuk masyarakat tentunya ada manfaat lain untuk lingkungan. "Tiga meter 'urban farming' bisa menekan suhu dua derajat Celcius," kata Anwar.
 
Hasil panen tersebut akan diberikan kepada para pengurus "urban farming" di Kantor Wali Kota Jakarta Timur maupun Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP).
 
Anwar pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan dijadikan "urban farming" guna ketahanan pangan dan menjaga lingkungan agar lebih baik lagi.
 
"Apabila ada keterbatasan lahan, ini di :rooftop' bisa seperti ini. Apalagi kita punya lahan yang lebih luas, mari kita bertanam, kita hijaukan Jakarta Timur dengan tanaman bermanfaat," katanya.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023