Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) menawarkan proyek pembangunan Pusat Kebudayaan Islam (Islamic and Cultural Center) kepada Pemerintah Uni Emirates Arab dalam upaya melestarikan sejarah Islam.

“Rencana pembangunan Pusat Kebudayaan Islam ini telah kami tawarkan saat menerima kunjungan delegasi Mohamed Bin Zayed (MBZ) University for Humanities di USK,” kata Rektor USK Prof Marwan di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Pihaknya telah menawarkan proyek pembangunan tersebut kepada (MBZ) University for Humanities, karena investasi itu memiliki manfaat yang luas dalam melestarikan sejarah islam bagi generasi mendatang.

Ia menjelaskan dalam rencana tersebut juga akan dibangun museum yang memamerkan koleksi benda-benda yang memiliki relevansi sejarah dan ilmiah bagi dunia Islam.

Baca juga: LSM apresiasi pemerintah atas penetapan hutan adat Aceh

Baca juga: USK miliki Pusat Bahasa dan Budaya Korea


Rektor mengatakan saat ini USK sedang berupaya melakukan beberapa proyek pembangunan seperti revitalisasi Pusat Riset Gempa dan Tsunami (TRMRC), pusat pengembangan bisnis, hotel, science tecnoprak serta Islamic and cultural center.

“Pembangunan yang sedang dilaksanakan tersebut pada prinsipnya untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan serta mendorong terwujudnya Suistainable Development Goals (SDGs).

Misalnya, terkait pembangunan Islamic and cultural center ini, Rektor mengatakan pembangunan tersebut bertujuan untuk melestarikan sejarah islam. Termasuk rencananya akan dibangun museum yang memamerkan koleksi benda-benda yang memiliki relevansi sejarah dan ilmiah bagi dunia islam.

Chancellor MBZ University for Humanities Dr Khalifa Mubarak Aldhaheri menyambut baik seluruh rencana pengembangan USK tersebut dan pihaknya akan mempelajari lebih lanjut proyek yang ditawarkan USK tersebut sebelum melakukan investasi.

Selain itu, dirinya juga mengatakan kesiapan untuk membuka peluang kerja sama lainnya dengan USK seperti pertukaran mahasiswa, kolaborasi riset, serta program pengembangan akademik lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi semua rencana program pembangunan USK ini. Kehadiran kami ini, selain menjalin komunikasi juga bertujuan melihat sejauh mana kesiapan USK,” katanya.*

Baca juga: USK bertekad masuk universitas peringkat dunia

Baca juga: USK berkolaborasi dengan Telkomsel garap pengusaha muda


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023