USK berkomitmen untuk menjalankan visi, menuju kampus "socio technopreneurship", seiring dengan telah meluncurkan Program 1000 Usaha Muda.
Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menjalin kerja sama dengan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), anak usaha BUMN PT Telkom, dalam upaya berkolaborasi menggarap pengusaha muda dari kampus “Jantong Hatee” rakyat Aceh tersebut.

“USK dan Telkomsel punya semangat yang sama dalam mendorong dan membentuk wirausaha. Terutama di tengah situasi yang relatif lesu belakangan ini, baik secara global, nasional, juga lokal (Aceh),” kata Rektor USK Prof Marwan di Darussalam, Banda Aceh, Jumat.

Terkait penandatangan MoU bersama Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu di VIP AAC Dayan Dawood, Rektor menjelaskan MoU tersebut menjadi langkah strategis menuju transformasi digital kampus USK, yang mencakup penggunaan platform pembelajaran digital, meningkatkan penelitian melalui alat teknologi canggih, dan menyelaraskan penawaran akademik USK dengan tuntutan yang terus berkembang dari industri.

"USK menyadari bahwa kampus tidak bisa berdiri sendiri tanpa kolaborasi. Selama ini USK dan Telkomsel telah banyak kegiatan bersama, dan kali ini kebersamaan itu kita formalkan,” katanya.

Ia mengatakan USK berkomitmen untuk menjalankan visi, menuju kampus "socio technopreneurship", seiring dengan telah meluncurkan Program 1000 Usaha Muda.

“Kita bercita-cita 20 persen lulusan USK bisa jadi pengusaha. Karena itu, selain membina juga perlu memfasilitasi, sebab banyak mahasiswa kami adalah penerima KIP Kuliah," katanya.

Menurut Marwan USK terus berupaya membentuk karakter pengusaha, yang memuat sikap berani, gigih, pantang menyerah, dan untuk konteks kekinian adalah digital minded, di mana menjadi manusia yang bisa bekerjasama atau kolaboratif.

Vice President Area Account Management Telkomsel Samuel Pasaribu mengatakan kampus menjadi medium membina seseorang, seperti dari aspek bisnis misalnya, kampus menjadi titik kumpul ragam mahasiswa dari berbagai daerah, dan menjadi modal berharga dalam sebaran bisnis.

"Kami melihat kolaborasi ini bisa membantu USK dalam menyiapkan mahasiswanya menjadi seorang pengusaha, bahkan ketika mereka sudah selesai di kampus," katanya..

Pihaknya siap menjadi narasumber atau mentor untuk dunia enterpreneur, membahas kemajuan teknologi, dan dunia telekomunikasi secara industry yang juga wujud kongkrit dalam kolaborasi MoU tersebut.

"Kami juga menyiapkan produk yang cocok untuk UMKM, yang bisa kami berikan secara khusus kepada mahasiswa USK dalam berwirausaha," demikian Samuel Pasaribu.

Baca juga: USK bertekad lahirkan wirausaha baru di Aceh

Baca juga: Dikti mengapresiasi program 1.000 Wirausaha Muda USK

Baca juga: Mahasiswa USK Banda Aceh sabet juara nasional KMI Award 2021

Baca juga: Produk nilam USK diminati komunitas internasional di Hannover Jerman


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023