... Delon sangat mampu menghidupkan karakter sangat sulit Mr Ripley yang berkepribadian ganda... "
Paris (ANTARA News) - Aktor senior Prancis, Alain Delon, akan mendapat kehormatan di Festival Film Cannes pada akhir bulan ini dengan pemutaran filmnya, Plein Soleil, arahan sutradara Rene Clement, pada1960 berdasarkan adaptasi The Talented Mr Ripley, yang Delon bintangi.

Penghargaan akan diberikan kepada Delon (77 tahun), yang sekarang tinggal di Swiss, sebagai bagian dari serial Cannes Classics, kata penyelenggara festival Selasa, mengkonfirmasi satu laporan surat kabar.

Plein Soleil (Purple Noon) menandai titik balik dalam karir Delon dan menyebabkan secara kritis diakui Rocco et des Freres (Rocco dan saudaranya).

Delon, dianggap sebagai aktor berbakat dan serbabisa, telah membuat sekitar 100 film dalam karir yang berlangsung lebih dari setengah abad.

Versi asli Plein Soleil telah dipulihkan Immagine Ritrovata, laboratorium di Italia dengan pembiayaan produksi film yang berbasis di Prancis dan perusahaan distribusi StudioCanal.

Plein Soleil merupakan film fenomenal Delon arahan sutradara Clement, berdasarkan novel karya Patricia Smith, The Talented Mr Ripley. Delon sangat mampu menghidupkan karakter sangat sulit Mr Ripley yang berkepribadian ganda.

Kelak, aktor muda berbakat, Matt Damon, memerankan peran yang sebelumnya dilakoni Delon dalam The Talented Mr Ripley baru.

Delon marupakan ikon sinema-budaya Prancis, sangat ternama dengan aktor-aktris sejaman, di antaranya Marcelo Mastroiani, Sophia Loren, Brigitte Bardot, dan Claudia Cardinale. (H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013