Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.
 
 
Demokrat deklarasi dukung Prabowo, resmi masuk Koalisi Indonesia Maju
 
 
 
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Kamis, mendeklarasikan secara resmi dukungan partainya untuk Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.
 
 
 
Acara deklarasi itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, presiden ke-6 RI yang juga menjabat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan pimpinan partai anggota Koalisi Indonesia Maju.
 
 
 
"Kami yakin di bawah kepemimpinan Pak Prabowo kesinambungan dan perubahan menuju Indonesia Maju pada masa depan bisa terwujud," kata AHY di hadapan para kader Partai Demokrat saat acara deklarasi.
 
 
 
Selengkapnya baca disini.
 
 
 
KPU tidak jadi terapkan model dua panel penghitungan suara Pemilu 2024.
 
 
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak jadi menerapkan model dua panel penghitungan suara pada Pemilu 2024 setelah melakukan rapat konsultasi dengan Komisi II DPR RI, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, dan penyelenggara pemilu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu malam.
 
 
 
"Enggak diterapkan pada Pemilu 2024, proses penghitungan suaranya sebagaimana yang terjadi di Pemilu 2019, dilakukan oleh satu tim anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) tujuh orang itu," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari ditemui usai rapat konsultasi.
 
 
 
Selengkapnya baca disini.
 
 
 
AHY titip agenda perubahan kepada Prabowo untuk demokrasi
 
 
 
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali menitipkan agenda perubahan dan perbaikan kepada Prabowo Subianto terutama di sektor ekonomi dan peningkatan kualitas demokrasi.
 
 
 
AHY menilai Prabowo memiliki semangat yang sama dengan Partai Demokrat terkait visi perubahan dan perbaikan.
 
 
 
“Pesan kuat kami adalah mohon agar sejumlah agenda perubahan dan perbaikan yang telah selama ini Partai Demokrat diperjuangkan termasuk dalam urusan ekonomi dan kesejahteraan, urusan penegakan hukum dan keadilan, demokrasi dan kebebasan berpendapat dan lain-lain agar bisa kita lakukan bersama-sama melakukan perbaikan itu,” kata AHY selepas acara deklarasi Demokrat mendukung Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis.
 
 
 
Selengkapnya baca disini.
 
 
 
DPR dan Pemerintah bahas lebih lanjut perpu majukan Pilkada 2024
 
 
 
Komisi II DPR RI bersama Pemerintah akan membahas lebih lanjut peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu), khususnya soal memajukan jadwal pemungutan suara Pilkada 2024 dari November menjadi September.
 
 
 
"Pada rapat kerja dan rapat dengar pendapat yang akan datang, (dibahas) khususnya terkait dengan substansi perubahan pasal-pasal undang-undang tersebut," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat membacakan butir kesimpulan Rapat Kerja Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis dini hari.
 
 
 
Selengkapnya baca disini.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023