Dalam operasi ini, petugas memprioritaskan untuk mengajak dan mengingatkan agar pengendara mematuhi aturan lalulintas. Penegakan hukum menjadi pilihan terakhir dalam operasi ini,"
Karawang (ANTARA News) - Jajaran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengajak masyarakat pengguna jalan atau pengendara untuk mematuhi tata tertib berlalu lintas melalui Operasi Simpatik Lodaya 2013. 

Kasatlantas Polres Karawang AKP M Rano Hadiyanto, Kamis, mengatakan, Operasi Simpatik Lodaya di Karawang akan berlangsung selama Mei 2013.

Di antara tujuan digelarnya Operasi Simpatik Lodaya 2013 ialah meningkatkan kesadaran, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berkendara sekaligus menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Dalam operasi ini, petugas memprioritaskan untuk mengajak dan mengingatkan agar pengendara mematuhi aturan lalulintas. Penegakan hukum menjadi pilihan terakhir dalam operasi ini," katanya, di Karawang, Kamis.

Penegakan hukum seperti tilang, kata dia, hanya akan diberikan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran berat aturan lalulintas.

Jika bentuk pelanggarannya masih kategori ringan, pengendara tersebut hanya akan mendapatkan sanksi berupa teguran dari petugas. Tetapi jika pengendara dianggap melakukan pelanggaran berat, pihaknya menindak tegas dengan ditilang.

"Menerobos lampu merah, berboncengan tiga orang saat mengendarai sepeda motor, tidak membawa SIM serta STNK, itu kategori berat, dan bisa disanksi dengan ditilang," kata Kasatlantas.

Untuk memperlancar Operasi Simpatik Lodaya 2013, aparat kepolisian dari Satlantas Polres Karawang disebar di sejumlah titik sekitar Karawang, khususnya di wilayah rawan macet.

Kasatgas Preventif Polres Karawang Ipda Bayu Marfiando mengatakan, sebagai salah satu bentuk tindakan preventif dalam Operasi Simpatik Lodaya 2013 ialah melakukan pengaturan lalulintas di sejumlah titik sekitar Karawang yang berkategori rawan macet dan kecelakaan.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013