Jakarta Entrepreneur siap bersinergi mengembangkan UMKM, khususnya di wilayah pesisir
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku optimistis penyelenggaraan KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dapat memacu pengembangan UMKM di wilayah pesisir DKI, seperti Kepulauan Seribu.

"KTT AIS berpotensi besar mengembangkan wisata bahari di Indonesia, termasuk DKI Jakarta seperti di Kepulauan Seribu. Perkembangan pariwisata bahari itu lantas akan menggerakkan roda perekonomian di wilayah pesisir, termasuk mendukung pengembangan UMKM," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Menurut Elisabeth, saat ini Kepulauan Seribu sudah memiliki produk UMKM lokal yang bagus, seperti batik Betawi, keripik sukun, dan produk olahan hasil laut sehingga kebijakan dari KTT AIS Forum 2023 berpotensi besar untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan produk-produk tersebut.

Meskipun begitu, ia menyampaikan pula dalam mengoptimalkan hasil KTT AIS Forum 2023 yang digelar di Bali pada 11 Oktober mendatang, dibutuhkan sinergi yang kuat di antara pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah pesisir.

"Pemprov DKI Jakarta pun melalui program Jakarta Entrepreneur siap bersinergi mengembangkan UMKM, khususnya di wilayah pesisir seperti di Kepulauan Seribu," ujar dia.

Sebelumnya, anggota Komisi B DPRD Bidang Perekonomian DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli menilai penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 merupakan momentum Pemprov DKI untuk meningkatkan wisata Kepulauan Seribu.

Menurut MTZ, sapaan akrab Muhammad Taufik Zoelkifli, wisata Kepulauan Seribu bisa menjadi penyumbang pemasukan terbesar Jakarta jika dikelola dengan baik.

Wisata Kepulauan Seribu juga bisa menjadi salah satu motor pendapat daerah jika kelak Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota.

KTT AIS Forum 2023 mengusung tema "Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama" (Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future).

Dari tema utama tersebut, KTT AIS Forum 2023 secara spesifik akan membahas tiga aspek, yaitu pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

Baca juga: Kemenko Marves: Indonesia angkat isu tata kelola ruang laut di KTT AIS

Baca juga: Pengamat nilai konservasi Pulau Seribu majukan ekonomi biru Jakarta

Baca juga: KTT AIS penting bagi DKI untuk kembangkan ekonomi biru

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023